Cari Materi

Materi : Pesawat Sederhana

Materi : Pesawat Sederhana - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Pesawat Sederhana untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Pesawat Sederhana
link : Materi : Pesawat Sederhana

Baca juga


Materi : Pesawat Sederhana

Berikut ini merupakan materi IPA kelas 5 tentang Pesawat sederhana yang dapat kalian pelajari. Berikut uraian singkat materi pesawat sederhana.

PESAWAT SEDERHANA
Pesawat sederhana dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia. Untuk lebih jelasnya maka kita akan memperlajari prinsip-prinsip pada bidang miring.

1. Tuas
Pengungkit merupakan tuas yang paling sederhana. janis tuas dibedakan menjadi 3 golongan yaitu;
a. pengungkit jenis I
Urutannya yaitu beban - titik tumpu - kuasa
Contoh: gunting dan tang

Pesawat sederhana Pengungkit Jenis I

b. pengungkit jenis II
Kuasa - beban - titik tumpu
Contohnya mendorong gerobak pasir

Pesawat Sederhana Pengungkit Jenis II

c. pengungkit jenis III
Contohnya memegang sekop untuk mengambil tanah

Pesawat sederhana Pengungkit Jenis III

2. Bidang Miring
Bidang miring adalah letak permukaan-permukaan yang miring. Bidang miring digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita. Misalnya, memindahkan kayu ke dalam truk. Keuntungan menggunakan bidang miring. Tenaga yang dibutuhkan sama, tetapi memudahkan usaha atau kerja. Kelemahan bidang miring adalah jarak tempuhnya menjadi jauh.

Pesawat Sederhana Bidang Miring

3. Katrol
Katrol adalah sebuah roda kecil yang tepinya beraturan dapat diputar pada porosnya. Satu rangkaian katrol adalah katrol bersama rantai atau troli. Prinsip pembuatan katrol pun berdasarkan pada pengungkitnya. Karena mempunyai titik tumpu, kuasa, dan beban. Ada beberapa katrol yang kita kenal, yaitu katrol tetap, katrol bebas, katrol majemuk, dan katrol rangkap. Contoh bentuk katrol dapat dilihat pada gambar berikut.

Pesawat Sederhana katrol tetap, katrol bebas, katrol majemuk, dan katrol rangkap

Katrol tetap : katrol yang tidak berubah posisinya saat memindahkan benda.
Katrol bebas : katrol yang berubah posisinya saat memindahkan benda.
Katrol rangkap : katrol yang terdiri lebih dari satu katrol disusun sejajar
Katrol majemuk: katrol yang terdiri dari beberapa katrol dijadikan satu tali.

4. Roda Berporos
Roda berporos merupakan anggota pesawat sederhana. Roda berporos sangat banyak digunakan pada pesawat sederhana. Roda membantu mempermudah memindahkan suatu benda. Contohnya yaitu gerobak, sepeda, mobil, mainan anak-anak, kereta api, dan sebagainya.

Pesawat Sederhana Roda berporos

Sejak zaman dahulu manusia sudah menggunakan alat untuk memudahkan pekerjaan. Sampai sekarang pun masih dilakukan. Berbagai kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana, antara lain:
1. mencabut paku
2. memindahkan drum ke atas sebuah truk
3. mendorong kereta dorong dalam bangunan
4. membuka tutup kaleng
5. memecah isi buah sawo
6. bermain jungkat-jungkit
7. memancing
8. mengendarai mobil ke gunung
9. menimba air
10. membuka kunci pintu.
Dan masih banyak contoh kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.


Demikianlah Artikel Materi : Pesawat Sederhana dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Pesawat Sederhana, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Pesawat Sederhana dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/01/pesawat-sederhana.html

0 Response to "Materi : Pesawat Sederhana"

Posting Komentar