Cari Materi

Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh

Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh
link : Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh

Baca juga


Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh

Kebutuhan mineral dalam tubuh hanya sedikit dibandingkan dengan zat yang lain. Namun lebih banyak macamnya. Berikut mineral yang dibutuhkan tubuh.

a) Kalsium (zat kapur)
Bahan makanan yang mengandung zat kapur, contohnya kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, ikan, telur, dan lain-lain. Manfaat zat kapur dalam tubuh antara lain:
- pembentukan tulang dan gigi,
- membantu proses pembekuan darah, dan
- membantu fungsi saraf dan otot.

Kebutuhan mineral dalam tubuh

b) Fosfor
Bahan makanan yang mengandung fosfor, contohnya kacang merah, jagung kuning, mete, udang, daging ayam, sapi, dan lain-lain. Manfaat fosfor dalam tubuh, di antaranya:
- membentuk tulang dan gigi,
- menjaga keseimbangan cairan tubuh.

c) Zat besi (Fe)
Bahan makanan yang mengandung zat besi, contohnya bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, daging, ayam, sapi, hati, dan kacang panjang. Manfaat zat besi adalah pembentuk hemoglobin dalam darah. Bertugas utuk mengangkut oksigen di dalam tubuh. Kekurangan zat ini orang akan menderita anemia (kekurangan darah merah).

d) Yodium
Bahan makanan yang mengandung yodium, contohnya garam dapur, ikan laut, sayuran, dan lain-lain.
Manfaat yodium bagi tubuh yaitu diperlukan sebagai pembentuk hormon thyroxin. Hormon thyroxin dihasilkan oleh kelenjar gondok. Bila kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran pada kelenjar gondok.

Bila kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran pada kelenjar gondok, Kebutuhan Mineral dalam tubuh

e) Flour (F)
Bahan makanan yang mengandung flour, contohnya air minum, teh, makanan yang berasal dari laut. Manfaat bagi tubuh yaitu mencegah karies gigi. Karena sifat makanan melawan efek asam.

f) Air
Air adalah zat yang memegang peranan penting. Pembakaran karbohidrat akan meningkatkan suhu tubuh. Agar suhu tubuh kembali normal maka air yang ada dalam tubuh sebagian dikeluarkan dari poripori kulit. Air tersebut berupa keringat. Di dalam tubuh air berguna untuk:
- mengatur panas tubuh,
- mengangkut makanan,
- mengangkut sisa pembakaran, dan
- membentuk cairan tubuh.
Air dapat kita peroleh dari air minum. Juga dari bahan makanan terutama buah, dan air sisa pembakaran karbohidrat, lemak, protein.


Demikianlah Artikel Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/04/kebutuhan-mineral-dalam-tubuh.html

0 Response to "Materi : Kebutuhan Mineral dalam tubuh"

Posting Komentar