Cari Materi

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi
link : Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

Baca juga


Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

Materi pelajaran berikut ini membahas tentang Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi. Berikut uraian singkat mengenai Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi.

KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHI PERMUKAAN BUMI

Manusia tinggal dan melakukan berbagai aktivitas hidupnya di permukaan bumi. Berbagai kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan hidupnya. Berikut akan dipaparkan berbagai kegiatan manusia yang mengubah bentuk permukaan bumi.

1. Perkotaan
Kota adalah tempat tinggal penduduk yang biasanya bersifat heterogen. Karena kota mendapat kunjungan orang dari berbagai daerah. Kota biasanya merupakan pusat pemerintahan. Baik pusat maupun daerah sehingga bangunannya lebih bervariasi. Banyak gedung besar dan bertingkat.

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

2. Pertanian
Lahan pertanian banyak dibuka sebagai usaha manusia. Kegiatan ini untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Selain lahan yang datar, pemanfaatan tanah miring di perbukitan juga dilakukan. Pembuatan terasering berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi.

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

3. Waduk dan Bendungan
Waduk atau bendungan adalah daratan yang dibuat cekungan besar kemudian diisi air. Waduk berfungsi untuk mengaliri lahan-lahan pertanian, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), dan perikanan. Waduk ini juga berfungsi sebagai penampung air hujan.

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

4. Jalan Raya
Pembangunan jalan raya juga menyebabkan bentuk permukaan bumi berubah. Jalan raya merupakan penghubung dari satu daerah ke daerah lain. Fasilitas jalan untuk memudahkan hubungan antarmanusia.

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

5. Pertambangan
Penggalian bahan tambang menyebabkan perubahan permukaan bumi. Karena pengambilan bahan tambang ini dengan cara membuka lapisan permukaan bumi. Penggalian bahan tambang harus dilakukan dengan perhitungan yang baik. Daratan yang semula subur dapat menjadi tandus. Akibat kegiatan penambangan ini.

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi

6. Pembangunan Perumahan
Perkembangan jumlah penduduk yang semakin meningkat menyebabkan banyaknya lahan menjadi perumahan. Pembangunan perumahan menyababkan perubahan permukaan bumi. Jika pembangunan
perumahan tidak memperhatikan lingkungan maka daerah penyerapan air akan berkurang. Sebaliknya, pembangunan perumahan harus ramah lingkungan.

Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi



Demikianlah Artikel Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/04/kegiatan-manusia-yang-dapat.html

0 Response to "Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Permukaan Bumi"

Posting Komentar