Cari Materi

Materi : Kerajaan Kediri

Materi : Kerajaan Kediri - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Kerajaan Kediri untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPS kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Kerajaan Kediri
link : Materi : Kerajaan Kediri

Baca juga


Materi : Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri berdiri sejak tahun 1115 – 1222 M. Kerajaan Kediri merupakan gabungan dari dua kerajaan, yaitu Jenggala dan Kahuripan. Kerajaan Kediri terletak di daerah Kediri Jawa Timur, sekitar lembah Sungai Brantas.

Peta Kerajaan Jenggala dan Kediri Kerajaan Kediri

Raja Kediri yang pertama adalah Bameswara. Raja Kediri yang terkenal adalah Jayabaya. Jayabaya terkenal pula sebagai pujangga. Ia pernah membuat ramalan tentang Negara Indonesia yang dikenal sebagai Janka Jayabaya.

Raja Kediri terakhir adalah Kertajaya. Pada masa pemerintahannya, Kerajaan Kediri mengalami kemunduran. Kerajaan ini runtuh setelah dikalahkan oleh Ken Arok dari Singasari.

Peninggalan sejarah Kerajaan Kediri terdiri atas karya sastra dan prasasti. Peninggalan berupa prasasti, antara lain Prasasti Padlegan, Prasasti Palas, dan Prasasti Panumbangan. Adapun karya sastra yang terkenal, yaitu:
1) Kitab Smaradahana karangan Empu Darmaja
2) Kitab Arjuna Wiwaha karangan Empu Kanwa
3) Kitab Hariwangsa dan Kitab Gathutkacasraya karangan Empu Panuluh
4) Kitab Krisnayana karangan Empu Triguna
5) Kitab Bharatayudha karangan Empu Sedah dan Empu Panuluh.


Demikianlah Artikel Materi : Kerajaan Kediri dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Kerajaan Kediri, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Kerajaan Kediri dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/04/kerajaan-kediri.html

0 Response to "Materi : Kerajaan Kediri"

Posting Komentar