Cari Materi

Macam-macam vitamin dan kegunaannya

Macam-macam vitamin dan kegunaannya - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Macam-macam vitamin dan kegunaannya untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Macam-macam vitamin dan kegunaannya
link : Macam-macam vitamin dan kegunaannya

Baca juga


Macam-macam vitamin dan kegunaannya

Vitamin adalah senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun jumlahnya sedikit tetapi sangat penting peranannya. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin, maka harus diperoleh dari bahan makanan.

Manfaat vitamin untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
a) vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E, K, dan
b) vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B dan C.

Macam-macam vitamin dan kegunaannya

a) Vitamin A
Makanan yang mengandung vitamin A. Contohnya: bayam, kangkung, daun singkong, pepaya, mangga, wortel, ubi rambat merah, dan lain-lain. Manfaat vitamin A dalam tubuh. Vitamin A membantu proses penglihatan, membantu proses pertumbuhan, dan pembentukan sel tubuh.

b) Vitamin B
Bahan makanan yang mengandung vitamin B. Contohnya: beras, bekatul, kacang hijau, daging, telur, sayuran, dan lain-lain. Manfaat vitamin B bagi tubuh. Vitamin B mencegah penyakit beriberi, merangsang nafsu makan, dan mencegah radang pada ujung lidah. Vitamin B membantu proses pembakaran di dalam tubuh.

c) Vitamin C
Bahan makanan yang mengandung vitamin C. Contohnya: sayur-sayuran dan buah-buahan segar, kacang polong kedelai, dan kacang tanah. Manfaat vitamin C bagi tubuh. Vitamin C memperkuat daya tahan tubuh terhadap bibit penyakit, mencegah gusi berdarah, dan membantu proses pemulihan setelah sakit.
Macam-macam vitamin dan kegunaannya

d) Vitamin D
Bahan makanan yang mengandung vitamin D. Contohnya: alpokat, pisang, bayam, dan bunga kool. Di dalam tubuh kita terdapat bahan vitamin D. Jika terkena sinar matahari pagi akan berubah menjadi
vitamin D. Sinar matahari membantu proses pembentukan vitamin D. Manfaat vitamin D bagi tubuh ialah membantu pembentukan tulang dan gigi.

e) Vitamin E
Bahan makanan mengandung vitamin E. Contohnya: kuning telur, susu, minyak ikan, minyak jagung, susu, biji-bijian yang sedang tumbuh. Manfaat vitamin E bagi tubuh meningkatkan kesuburan.

f) Vitamin K
Bahan makanan mengandung vitamin K. Contohnya: daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran, dan minyak goreng. Manfaat vitamin K bagi tubuh ialah membantu proses pembekuan darah. Jika terjadi luka, luka itu akan cepat tertutup.


Demikianlah Artikel Macam-macam vitamin dan kegunaannya dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Macam-macam vitamin dan kegunaannya, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Macam-macam vitamin dan kegunaannya dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/04/macam-macam-vitamin-dan-kegunaannya.html

0 Response to "Macam-macam vitamin dan kegunaannya"

Posting Komentar