Cari Materi

Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI

Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel PKn kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI
link : Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI

Baca juga


Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI

Materi pelajaran berikut membahas tentang Pentingnya Keutuhan NKRI. Materi tersebut terdapat pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn Kelas 4. Berikut uraian singkat tentang Pentingnya Keutuhan NKRI. Semoga menambah wawasan pembaca.

Pentingnya Keutuhan NKRI

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa negara Indonesia adalah negara kepulauan. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah laut bebas di antara pulau-pulau di Indonesia. Laut bebas adalah wilayah perairan yang dapat dimasuki oleh siapa pun. Hal ini tentu sangat mengancam kedaulatan negara. Selain itu dapat mengganggu stabilitas keamanan dan kesatuan negara. Apabila keamanan negara kita terganggu, maka kita tidak bisa hidup tenang.

Pentingnya Keutuhan NKRI

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus selalu menjaga keutuhan NKRI. Apa pentingnya keutuhan NKRI? Kalian akan mengetahuinya setelah mempelajari penjelasan berikut.

1. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Sebuah Pilihan Terakhir

Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah berdiri dengan sendirinya. Kesatuan NKRI dicapai melalui perjuangan panjang yang dilakukan oleh para pahlawan dan seluruh rakyat Indonesia. Mereka rela mengorbankan harta dan nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Setelah merdeka, bukan berarti bangsa Indonesia bebas dari masalah. Bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai ancaman baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Contoh ancaman dari luar negeri, di antaranya pada awal kemerdekaan Belanda belum mengakui kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Belanda masih
melakukan perlawanan. Belanda mau mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949. Masalah yang datang dari dalam negeri adalah adanya pemberontakan yang terjadi di daerah-daerah. Di bawah ini contoh pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia.

a. Pemberontakan RMS (Republik Maluku Selatan)
Pemberontakan RMS merupakan gerakan yang bertujuan mendirikan negara Republik Maluku Selatan. Negara baru yang terpisah dari NKRI. Gerakan yang ingin memisahkan diri dari negara disebut gerakan separatis.

b. Pemberontakan DI/TII (Darul Islam/
Tentara Islam Indonesia) DI/TII adalah salah satu contoh pemberontakan yang terjadi di Indonesia. Gerakan ini dibentuk oleh Sekarmadji Marijan (S.M.) Kartosoewirjo. Pemberontakan DI/TII merupakan gerakan yang bertujuan untuk mendirikan Negara Islam Indonesia. Namun, pemberontakan itu dapat diakhiri dengan operasi militer.

c. Pemberontakan G30S/PKI
Apakah kalian pernah mendengar istilah tersebut? G30S/PKI merupakan gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Mereka ingin merebut kekuasaan pemerintah Indonesia dengan jalan apa pun. Mereka ingin menguasai negara Indonesia. Mereka juga ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Pemberontakan-pemberontakan di atas adalah contoh gerakan yang berusaha memecah dan menghancurkan NKRI.

Namun, akhirnya pemberontakan-pemberontakan itu berhasil digagalkan. Bangsa Indonesia dapat menggagalkan pemberontakan karena adanya tekad untuk tetap mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

2. Negara Indonesia adalah Negara yang ber Bhineneka Tunggal Ika

Seperti telah dijelaskan di muka, bahwa semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan tersebut berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Tiap-tiap suku bangsa mempunyai adat istiadat, bahasa, dan kebudayaan sendiri-sendiri yang disebut kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah yang ada akan memperkaya kebudayaan nasional.

Meskipun penduduk Indonesia tinggal di berbagai pulau, tetapi tetap dapat berkomunikasi dan berhubungan melalui transportasi darat, laut, dan udara. Rakyat Indonesia tetap harus bersatu walaupun berbeda suku, agama, keadaan geografis, serta budaya yang beraneka ragam. Hal ini sesuai dengan cita-cita Sumpah Pemuda yaitu berbangsa satu bangsa Indonesia.

Dengan persatuan, kita akan semakin mudah mengatasi ancaman dan gangguan yang ingin memecah
belah bangsa Indonesia. Tentu kalian pernah membaca atau mendengar berita tentang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) atau tentang Gerakan Papua Merdeka? Berita itu sering muncul di televisi. Itu adalah beberapa contoh ancaman dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Kita harus tetap waspada apabila sewaktu-waktu terdapat gerakan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus memupuk rasa persatuan dan kesatuan. Sehingga semua perbedaan baik suku, agama, maupun budaya yang ada di Indonesia tidak akan menjadikan perpecahan. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, maka kehidupan di negara kita akan aman, tenteram, dan damai. Keadaan negara yang aman, tenteram, dan damai memungkinkan kegiatan pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Pembangunan di daerah-daerah juga dapat berjalan lancar. Rakyat dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari. Di sekolah, siswa juga dapat belajar dengan tenang.

Namun sebaliknya, jika negara tidak aman dan banyak terjadi kerusuhan. Kegiatan pemerintahan tidak dapat berjalan dengan baik dan warga negara tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan tenang. Akibatnya keutuhan NKRI tidak akan terwujud.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa keutuhan NKRI penting untuk kita jaga. Tujuannya agar negara kita menjadi aman, tenteram, dan damai. Sehingga kehidupan rakyatnya
menjadi makmur dan sejahtera. 


Demikianlah Artikel Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/04/pentingnya-keutuhan-nkri.html

0 Response to "Pentingnya menjaga Keutuhan NKRI"

Posting Komentar