Cari Materi

Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel PKn kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI
link : Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Baca juga


Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Materi pelajaran berikut membahas tentang Usaha Menjaga Keutuhan NKRI. Materi tersebut terdapat pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn Kelas 4. Berikut uraian singkat tentang Usaha Menjaga Keutuhan NKRI. Semoga menambah wawasan pembaca.

Usaha Menjaga Keutuhan NKRI

Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku, adat istiadat, agama, dan budaya yang berbeda. Untuk mewujudkan kesatuan bangsa dan tanah air Indonesia tidak mudah, diperlukan pengorbanan yang besar. Selain itu letak negara Indonesia sangat strategis yaitu di posisi silang antara Benua Asia dan Benua Australia serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Usaha Menjaga Keutuhan NKRI

Hal ini membuat posisi negara kita menjadi sangat penting. Oleh karena itu, banyak bahaya yang mengancam keutuhan NKRI, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Agar kita dapat mempertahankan keutuhan NKRI diperlukan usaha yang bisa menjadi pegangan bertingkah laku dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini usaha-usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga keutuhan NKRI.

1. Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila
Pancasila merupakan ideologi bangsa. Sebagai ideologi bangsa, Pancasila dapat digunakan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Bahkan, Pancasila telah teruji ketangguhannya sebagai alat pemersatu bangsa. Apa buktinya? Buktinya bahwa dengan berpedoman pada Pancasila, bangsa Indonesia dapat menggagalkan pemberontakan seperti pemberontakan G30S/PKI.

Pancasila merupakan kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila merupakan ciri khas yang membedakan dengan negara lain. Pancasila juga merupakan hasil kesepakatan seluruh rakyat Indonesia. Jadi, Pancasila dapat menjadi pegangan bertingkah laku dalam kehidupan masyarakat. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya adalah nilai yang luhur dan telah disepakati bersama.

Dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, keutuhan NKRI akan terjaga. Oleh karena itu kita harus selalu hidup rukun. Sesama anggota masyarakat harus saling menghormati walaupun terdapat berbagai perbedaan suku, budaya, dan agama.

Perbedaan suku dan budaya yang ada di Indonesia adalah sebuah kekayaan. Kekayaan yang harus kita banggakan sehingga dapat menyatukan seluruh bangsa kita. Apa yang dapat kalian lakukan untuk menunjukkan rasa bangga terhadap bangsa Indonesia? Kebanggaan kita terhadap bangsa Indonesia dapat kita wujudkan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Maukah kalian mengamalkan nilai-nilai Pancasila? Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan di mana saja. Kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam lingkungan keluarga, kita harus saling menghormati dan menghargai antaranggota keluarga. Kita harus mencintai ayah, ibu, dan saudara serta menjunjung tinggi kehormatan dan nama baik keluarga.

Dalam lingkungan sekolah, kita wajib menghormati guru. Kita juga harus menghargai teman. Salah satu kegiatan sekolah yang mengajarkan pengamalan nilai-nilai Pancasila antara lain kegiatan pramuka. Pramuka didirikan untuk mengembangkan kepribadian yang baik. Salah satu kegiatan pramuka adalah berkemah di alam bebas. Kegiatan berkemah bertujuan agar anggota pramuka dapat mengenal lingkungan alam sekaligus menciptakan suasana kekeluargaan di antara para anggota pramuka. Ada beberapa manfaat kegiatan pramuka, antara lain:
a. kita bisa belajar mandiri,
b. belajar disiplin menggunakan waktu,
c. melaksanakan ibadah sesuai agama masing-masing,
d. belajar untuk selalu menolong orang lain,
e. belajar untuk jujur, dan
f. berteman dengan siswa dari daerah lain dengan rukun.

Selain di sekolah, mengamalkan nilai-nilai Pancasila juga dapat dilakukan di lingkungan masyarakat. Misalnya dengan mengadakan musyawarah bersama untuk memecahkan persoalan. Contoh lainnya adalah bergotong royong untuk membangun dan memelihara sarana dan prasarana umum, seperti membangun pos ronda dan memperbaiki jalan yang rusak.

Selain itu, dapat juga dengan memberikan bantuan kepada korban bencana alam dengan tidak membeda-bedakan agama, memberikan bantuan kepada orang miskin, dan memberikan santunan kepada anak yatim. Kegiatan-kegiatan sosial tersebut dalam dilakukan warga masyarakat secara bersama-sama. Tujuannya agar tercipta suasana kekeluargaan dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Memiliki Wawasan Nusantara
Apakah kalian tahu pengertian wawasan nusantara? Wawasan nusantara adalah cara, sikap, atau pandangan bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya. Sebuah sikap yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hakikat dari wawasan nusantara adalah kesatuan bangsa dan keutuhan wilayah Indonesia. Berikut ini perwujudan sikap untuk menjaga kesatuan bangsa.
a. Bangsa Indonesia harus merasa sebangsa dan setanah air walaupun terdiri dari suku, budaya, dan 
    agama yang berbeda.
b. Kekayaan alam yang ada di Indonesia harus dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.
c. Mempersatukan corak ragam budaya yang ada sebagai kekayaan nasional budaya bangsa.

Kesatuan wilayah NKRI dapat terwujud apabila warga negara Indonesia ikut berperan serta dalam mewujudkan ketahanan nasional. Ketahanan nasional adalah kemampuan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mampu mengatasi hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Terdapat hubungan antara ketahanan nasional suatu negara dengan pembelaan negara. Bela negara biasanya selalu dikaitkan dengan militer. Seolah-olah kewajiban dan tanggung jawab membela negara hanya terletak pada Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Usaha Menjaga Keutuhan NKRI

Padahal berdasarkan pasal 27 ayat (3) UUD 1945, masalah bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Berikut ini bunyi pasal 27 ayat (3) UUD 1945.

“Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”

Sikap mau membela negara harus ditanamkan pada seluruh rakyat Indonesia. Bila ada ada wilayah Indonesia yang akan direbut oleh negara lain, maka seluruh rakyat Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankannya.


Demikianlah Artikel Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/04/usaha-menjaga-keutuhan-nkri.html

0 Response to "Usaha dalam Menjaga Keutuhan NKRI"

Posting Komentar