Cari Materi

Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah

Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah
link : Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah

Baca juga


Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah

Proses peredaran darah tidak selalu bekerja normal. Alat peredaran darat dapat terganggu oleh penyakit. Adapun contoh gangguan organ peredaran darah sebagai berikut.

a. Hipertensi
Hipertensi adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah diukur dengan alat tensimeter. Orang normal tekanan darahnya adalah sekitar 120/80 mmHg. Bila melebihi angka tersebut disebut hipertensi. Sedangkan bila lebih rendah dari 120/80 mmHg disebut tekanan darah rendah.dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah. Pecahnya pembuluh darah yang terjadi di otak disebut strok. Strok dapat mengakibatkan gangguan bicara, bila strok parah dapat mengakibatkan kematian. Penyebab tekanan darah tinggi belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, diduga karena stres, makan berlebihan, merokok, dan banyak minum alkohol.

b. Penyakit jantung bawaan
Penyakit ini sudah diderita sejak bayi dalam kandungan. Biasanya berupa kelainan pada katub jantung. Akibatnya, darah yang mengandung karbondioksida bercapur dengan darah yang mengandung oksigen.

c. Aterosklerosis
Aterosklorosis adalah penyempitan pembuluh arteri karena penimbunan lemak (kolesterol). Timbunan lemak membentuk kerak pada dinding arteri. Akibatnya, lubang arteri menjadi sempit. Penyempitan ini dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Penderita aterosklerosis biasanya karena terlalu banyak makan makanan berlemak.

Memelihara Organ Peredaran Darah
Berikut adalah pola hidup yang sebaiknya diterapkan agar terhindar dari gangguan peredaran darah.
a. Mengurangi makanan berlemak.
b. Olahraga yang teratur.
c. Pola makan sehat (4 sehat 5 sempurna).
d. Mengendalikan emosi agar kerja jantung tidak terlalu berat.


Demikianlah Artikel Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/06/gangguan-organ-peredaran-darah.html

0 Response to "Materi: Gangguan Organ Peredaran Darah"

Posting Komentar