Cari Materi

Materi : Organ Peredaran Darah Manusia

Materi : Organ Peredaran Darah Manusia - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Organ Peredaran Darah Manusia untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Organ Peredaran Darah Manusia
link : Materi : Organ Peredaran Darah Manusia

Baca juga


Materi : Organ Peredaran Darah Manusia

Materi pelajaran berikut ini membahas tentang Organ Peredaran Darah Manusia. Berikut ulasan singkat tentang Organ Peredaran Darah Manusia.

1. Alat Peredaran Darah
Darah beredar di seluruh tubuh manusia. Darah berfungsi untuk mengedarkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan tersebut, antara lain oksigen, bahan makanan, dan sebagainya. Alat peredaran darah di dalam tubuh adalah sebagai berikut.

a. Jantung
Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Jantung berfungsi memompa daerah ke seluruh tubuh. Jantung terletak di rongga dada sebelah kiri terlindungi tulang rusuk. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan. Dengan berat kurang lebih 300 gram. Jantung terdiri atas serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Di antara bilik dan serambi terdapat pintu
penghubung disebut katup jantung. Katup ini akan membuka dan menutup sesuai dengan denyut jantung. Katup pada orang sehat akan menutup rapat sekali. Sehingga darah dibalik dan serambi tidak akan tercampur.

b. Pembuluh darah
Pembuluh darah adalah saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh atau sebaliknya. Berdasarkan aliran darahnya pembuluh dibagi menjadi dua, yaitu:
1) Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh yang mengalirkan darah keluar dari jantung
2) Pembuluh balik (vena) adalah pembuluh yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung
Cabang pembuluh arteri dan vena yang terkecil dihubungkan oleh pembuluh kapiler. Sedangkan pembuluh arteri terbesar disebut aorta.

2. Proses Peredaran Darah
Organ Peredaran Darah Manusia

Peredaran darah pada manusia terjadi di dalam pembuluh darah. Maka disebut sistem peredaran darah tertutup.
Peredaran darah dibedakan menjadi dua, yaitu:
a. peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung.
b. peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) dan kembali ke jantung.

Cara kerja jantung adalah sebagai berikut:
a. jika kedua serambi mengembang, darah akan masuk se serambi;
b. jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, darah dari serambi mengalir masuk ke bilik;
c. jika kedua bilik menguncup, darah keluar dari bilik menuju pembuluh aorta.

Denyut nadi dan denyut jantung ditimbulkan oleh jantung yang berkontraksi dan berelaksasi dalam satu periode. Denyut nadi anak-anak berkisar antara 90 - 100 denyut/menit. Pada orang dewasa berkisar antara 70 - 80 denyut/menit.


Demikianlah Artikel Materi : Organ Peredaran Darah Manusia dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Organ Peredaran Darah Manusia, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Organ Peredaran Darah Manusia dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/06/organ-peredaran-darah-manusia.html

0 Response to "Materi : Organ Peredaran Darah Manusia"

Posting Komentar