Cari Materi

Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan

Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan
link : Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan

Baca juga


Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang dapat mengolah makanan sendiri. Oleh karena itu tumbuhan hijau disebut produsen. Tumbuhan hijau membuat makanannya di daun. Zat yang membuat tumbuhan hijau mampu mengolah makanan sendiri disebut zat hijau daun atau klorofil. Makanan dari daun akan diedarkan ke seluruh jaringan tubuh tumbuhan. Sebagian disimpan sebagai cadangan makanan.

Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan

1. Fotosintesis
Proses pengolahan makanan pada tumbuhan disebut fotosintesis. Bahan-bahan untuk membuat makanan adalah air (H2O) dan karbondioksida (CO2). Bahan-bahan diperoleh dari dalam tanah. Pengambilannya diserap tumbuhan melalui akar, khususnya rambut akar. Sedangkan karbondioksida diperoleh melalui mulut daun (stomata) dan lubang kecil pada batang (lentisel).

Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan

Setelah semua bahan dikirim ke daun, fofosintesis siap dilakukan. Pembuatan makanan terjadi di daun yang banyak mengandung klorofil. Klorofil akan mengikat sinar matahari. Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah air dan karbondioksida. Pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Reaksi fotosintesis dapat ditulis sebagai berikut.

Reaksi fotosintesis
Karbohidrat sebagai hasil dari proses fotosintesis akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Bagi tumbuhan karbohidrat ini berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, berkembang biak, dan sebagainya. Namun tidak semua karbohidrat tersebut akan digunakan. Sebagian akan disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Hasil fotosintesis selain karbohidrat adalah oksigen. Gas ini sangat dibutuhkan oleh hewan dan manusia. Oksigen dimanfaatkan untuk bernapas. Gas oksigen akan dilepaskan tumbuhan ke udara dan akan dimanfaatkan makhluk hidup yang lain.

2. Hasil Fotosintesis Disimpan sebagai Cadangan Makanan
Sebagian hasil fotosintesis tumbuhan hijau akan disimpan sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan akan digunakan oleh tumbuhan. Penggunaannya pada saat bahan-bahan di tanah mulai menipis. Misalnya, saat musim kemarau. Tempat tumbuhan menyimpan makanan, misalnya pada umbi, buah, biji dan batang.

Berikut contoh tumbuhan yang memiliki cadangan makanan di tubuhnya.
a. Pada umbi, misalnya kentang, singkong, ketela, talas, bawang merah, dan bawang putih.
Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan
b. Pada buah, misalnya mangga, apel, jeruk, pepaya, dan pisang.
Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan
c. Pada biji, misalnya kacang tanah, kacang kedelai, jagung dan kacang hijau.
Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan
d. Pada batang, misalnya sagu dan tebu.
Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan
Sumber : BSE


Demikianlah Artikel Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/08/proses-tumbuhan-hijau-mengolah-makanan.html

0 Response to "Materi : Proses Tumbuhan Hijau Mengolah Makanan"

Posting Komentar