Cari Materi

Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPA kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya
link : Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

Baca juga


Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

Materi berikut ini mempelajari tentang Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya. Simaklah uraian berikut ini.

1. Sifat Bahan dan Manfaatnya
Ada berbagai benda yang terbuat dari bahan berbeda-beda. Ada yang berasal dari serat hewan, serat tumbuhan, plastik, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut memiliki fungsi yang berbeda pula. Marilah membahas mengenai bahan-bahan serta fungsinya dalam kehidupan.

a. Plastik
Sifat tali dari bahan plastik adalah kuat, lentur, dan licin. Namun, plastik kurang kuat jika terkena panas. Plastik banyak digunakan sebagai peralatan rumah tangga. Misalnya ember, baskom, kursi, lemari, dan sebagainya.
Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

b. Nilon
Nilon merupakan serat sintesis atau buatan. Bahan dasar nilon adalah dari plastik. Bentuk nilon berupa untaian yang sulit dipisahkan. Sifat nilon yaitu mempunyai gaya tarik antarserat yang besar. Sehingga lebih kuat, tahan lama terhadap pelarut, cepat kering, dan kenyal. Penggunaan tali nilon dalam peralatan sehari-hari. Misalnya untuk peralatan panjat tebing, dan bahan membuat jala nelayan. Sifat tali nilon kuat dan ringan. Coba bayangkan tali panjat tebing dan jala terbuat dari baja. Betapa berat jika kita menggunakannya.
Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

c. Benang
Benang dihasilkan baik oleh tumbuhan maupun hewan. Tumbuhan dapat menghasilkan bahan baku benang. Pohon kapas penghasil kapas. Kapas dari tumbuhan ini dipintal sehingga menghasilkan benang. Pemanfaatan benang dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak. Misalnya dalam industri konveksi, untuk mejahit pakaian, jok kursi, menjahit gorden, kasur, dan sebagainya.

Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

Hewan yang menghasilkan bahan baku benang adalah ulat sutera dan domba. Kepompong ulat sutra menghasilkan benang sutera. Sedangkan bulu domba menghasilkan benang wol. Baik benang dari tumbuhan maupun hewan menghasilkan kain. Kain yang sangat nyaman kita gunakan

d. Senar
Tahukah kalian apa yang menyebabkan gitar dapat mengeluarkan bunyi? Karena kita menggetarkan atau memetik senarnya. Senar adalah tali yang berasal dari plastik. Selain digunakan pada alat musik. Senar juga digunakan pada alat olahraga. Misalnya raket bulutangkis, raket tenis, dan senar pancing.

Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

e. Tambang
Pernahkah mendengar tambang? Pernahkah mengikuti perlombaan tarik tambang? Tahukah bahan pembuatan tali tambang tersebut? Tali tambang yang digunakan dalam permainan berasal dari serat tumbuhan. Tambang juga digunakan sebagai tali pada jangkar kapal. Bahan lain yang digunakan untuk tali tambang adalah dari plastik dan kawat besi.
Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

f. Kertas
Kertas berasal dari bahan baku kayu. Kayu dimasak menjadi bubur kertas yang disebut pulp. Pulp kemudian melewati beberapa saringan dan akhirnya dicetak menjadi kertas. Kertas dapat kita pakai untuk menulis. Kertas sangat bermanfaat bagi kita. Dengan kertas kita dapat membuat catatan tentang segala sesuatu. Hanya saja kertas akan sangat mudah rusak jika terkena air.

Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya

2. Hubungan Bahan dan Sifatnya
Setiap bahan memiliki sifat yang berlainan. Sifat antara satu dengan yang lainnya. Bahan akan kita gunakan sesuai dengan sifat serta kebutuhan. Misalnya bahan plastik mempunyai sifat yang menonjol.

Contohnya tahan air, elastis/lentur, dan kuat. Maka kita akan memanfaatkannya untuk pembuatan ember, gayung, kursi, dan mantel. Bahan baku kapas yang diproses menjadi benang dan kain. Bahan ini, memiliki sifat menyerap keringat, hangat, dan seratnya halus. Maka kita akan memilihnya sebagai bahan baku pakaian. Contohnya baju, speri, jok kursi, dan sebagainya.

Jadi, pemilihan bahan baku yang tepat sesuai kebutuhan kita. Bahan yang tepat menghasilkan pemenuhan kebutuhan yang tepat pula.

Baca juga artikel


Demikianlah Artikel Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/10/hubungan-antara-sifat-bahan-dengan.html

0 Response to "Materi : Hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya"

Posting Komentar