Cari Materi

Materi Kawasan Benua Eropa

Materi Kawasan Benua Eropa - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi Kawasan Benua Eropa untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPS kelas 6, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi Kawasan Benua Eropa
link : Materi Kawasan Benua Eropa

Baca juga


Materi Kawasan Benua Eropa

Luas Benua Eropa sekitar 10,9 juta km2. Kawasan Benua Eropa ini terletak pada garis lintang antara 71 derajat LU hingga 36 derajat LU serta berada pada garis bujur antara 66 derajat BT hingga 9 derajat BB. Benua Eropa terbagi menjadi empat kawasan. Antara lain Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan, dan Eropa Timur. Berikut ini adalah peta Eropa, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!
Kawasan Benua Eropa
Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut.
1. Utara : Laut Arktik
2. Selatan : Laut Tengah
3. Barat : Samudra Atlantik
4. Timur : Pegunungan Ural

1. Eropa Barat
Eropa Barat meliputi Belgia, Nederland (Belanda), dan Luksemburg (disingkat Benelux), Jerman, Prancis, dan Swiss. Bagian tepi barat Eropa relatif datar, bagian agak ke tengah relatif bergunung-gunung.

Eropa barat memiliki iklim dingin. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia adalah Menara Eifel yang ada di kota Paris, Prancis. Bangunan lainnya adalah bendungan-bendungan teluk dan kincir angin, yang ada di Belanda.

2. Eropa Utara
Negara-negara di Eropa Utara meliputi Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia. Kelompok negara-negara ini juga disebut negara-negara Skandinavia.

3. Eropa Selatan
Eropa Selatan meliputi Italia, Swiss, Spanyol, Portugal, dan Austria. Wilayah negara ini relatif bergunung-gunung berada pada iklim sedang. Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia.

4. Eropa Timur
Negara-negara di Eropa Timur meliputi Polandia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania. Sebagian besar kawasan Eropa Timur merupakan bagian dari dataran Eropa besar yang membentang sampai jauh ke Rusia bagian barat. Beberapa bagian dari dataran ini merupakan lahan yang tidak subur. 

Sebagian lahan yang lain cukup subur sehingga mampu mendukung tumbuhnya tanaman sereal. Lahan subur ini terutama terdapat di Ukraina dan wilayah barat Rusia.

5. Kawasan Balkan
Di samping negara-negara yang telah disebutkan di atas, ada negara-negara yang disebut kawasan Balkan, yang sebagian adalah negara Eropa Timur dan Eropa Selatan. Negara-negara itu meliputi Slovenia, Kroasia, Bosnia, Yugoslavia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Macedonia, Albania, dan Yunani. 

Balkan berasal dari bahasa Turki yang artinya pegunungan. Bentang alam utama kawasan Balkan adalah pegunungan dan perbukitan kasar. Hampir seluruh kawasan ini pernah menjadi bagian dari imperium Turki selama berabad-abad. Peta di atas adalah peta kawasan Balkan. Untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian.


Demikianlah Artikel Materi Kawasan Benua Eropa dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi Kawasan Benua Eropa, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi Kawasan Benua Eropa dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/10/kawasan-benua-eropa.html

0 Response to "Materi Kawasan Benua Eropa"

Posting Komentar