Cari Materi

Materi Kawasan di Benua Asia

Materi Kawasan di Benua Asia - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi Kawasan di Benua Asia untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel IPS kelas 6, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi Kawasan di Benua Asia
link : Materi Kawasan di Benua Asia

Baca juga


Materi Kawasan di Benua Asia

Benua Asia dikelompokkan menjadi lima kawasan, yaitu Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Beberapa istilah tersebut untuk menunjukkan kelompok negaranegara yang ada di kawasan tersebut. Apabila kalian perhatikan pada peta, Kawasan Benua Asia berbatasan dengan Eropa di barat, Laut Merah dan Benua Afrika di Barat Laut, Samudra Hindia di Selatan, Samudra Pasifik di timur dan Laut Arktik di utara.

Kawasan di Benua Asia

1. Asia Barat
Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat antara lain Arab Saudi, Israel, Palestina, Yordania, Lebanon, Syria, Iran, Irak, Kuwait, dan beberapa negara kecil di sekitarnya. Kawasan ini sering juga disebut kawasan Timur Tengah. Menurut orang Eropa letaknya di timur tetapi tidak terlalu jauh. Berikut ini adalah peta Asia Barat, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!
Kawasan di Benua Asia
Wilayah Timur Tengah termasuk wilayah paling bergolak di dunia. Perebutan wilayah antara Palestina dengan Israel belum berakhir hingga saat ini.

Perebutan wilayah antara Palestina dengan Israel

Ciri khas kenampakan alam wilayah Timur Tengah yaitu tanahnya gersang, kebanyakan berupa gurun pasir atau padang pasir, cuaca sangat panas hingga mencapai 50 derajat celcius di siang hari pada musim panas, dan sangat dingin pada musim dingin, hingga hanya beberapa derajat celcius. Bangunan abadi yang ada di wilayah ini terdapat di Arab Saudi, yaitu Kakbah di kota Mekah. Kakbah dijadikan arah salat (kiblat) bagi umat Islam.

Kawasan di Benua Asia

2. Asia Timur
Negara-negara Asia Timur meliputi Cina termasuk Hongkong, Jepang, Korea, Mongolia, dan Taiwan. Orang Eropa menamakan kawasan Asia Timur sebagai Timur Jauh. Bagi orang Eropa letaknya di bagian timur sangat jauh. Republik Rakyat Cina (RRC) sebagian besar berupa wilayah bergunung-gunung, tanahnya relatif gersang. Iklimnya termasuk iklim sedang hingga dingin. Di daratan Cina Utara hidup beruang terkenal, disebut Panda. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia, yaitu Tembok Besar Cina. Berikut ini adalah peta Asia Timur, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!
Kawasan di Benua Asia

Di bagian lainnya adalah Korea. Korea terpecah menjadi dua negara sejak pertengahan abad kedua puluh. Korea Utara yang berideologi komunis dibantu oleh Uni Soviet dan RRC, sedangkan Korea Selatan dibantu oleh Amerika Serikat. Gagasan penyatuan kembali (reunifikasi) Korea terus berlangsung, tetapi sampai kini belum terwujud.

3. Asia Tengah
Asia Tengah meliputi negara-negara Tajikhistan, Turkmenistan, Uzbekhistan, dan Kazakhstan serta beberapa negara bekas Uni Soviet yang ada di bagian selatan. Tanahnya relatif gersang dan beriklim dingin. Berikut ini adalah peta Asia Tengah, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas kalian!

Kawasan di Benua Asia

4. Asia Selatan
Kawasan negara-negara Asia Selatan hanya sedikit, yaitu India, Pakistan, Afghanistan, Bangladesh, Sri Lanka, Bhutan, dan Nepal. Dalam beberapa atlas sering kali Afghanistan dimasukkan dalam kawasan Asia Tengah. India tengah dan utara termasuk bergunung-gunung yang relatif gersang. 

Kawasan di Benua Asia

Lahan subur ada di bagian selatan, di sekitar sungai-sungai besar termasuk Sungai Gangga. Kondisinya hampir sama dengan Pakistan dan Bangladesh. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal adalah Istana Taj Mahal yang ada di India. 

Istana Taj Mahal yang ada di India

Pada intinya Asia Selatan adalah satu rumpun dengan India. Pada perkembangannya, India kemudian pecah menjadi beberapa negara, yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh. India mayoritas beragama Hindu, sedangkan Pakistan Barat dan Pakistan Timur pada awalnya merupakan satu negara yang penduduknya mayoritas beragam Islam. Selanjutnya Pakistan Timur memerdekakan diri dan berganti nama menjadi Bangladesh.

5. Asia Tenggara
Kelompok negara Asia Tenggara meliputi semua negara-negara ASEAN. Wilayah ini termasuk subur untuk pertanian. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara. 

Kawasan di Benua Asia

Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok.


Demikianlah Artikel Materi Kawasan di Benua Asia dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi Kawasan di Benua Asia, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi Kawasan di Benua Asia dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/10/kawasan-di-benua-asia.html

0 Response to "Materi Kawasan di Benua Asia"

Posting Komentar