Cari Materi

Cara Menghindari Perilaku Dengki

Cara Menghindari Perilaku Dengki - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Cara Menghindari Perilaku Dengki untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel PAI, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Cara Menghindari Perilaku Dengki
link : Cara Menghindari Perilaku Dengki

Baca juga


Cara Menghindari Perilaku Dengki

Berikut ini merupakan pembahasan salah satu materi Pendidikan Agama Islam kelas 6 tentang Menghindari Perilaku Dengki. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat bagi semua.

Menghindari Perilaku Dengki dan Berbohong

Menghindari Perilaku Dengki

Dengki merupakan salah satu penyakit hati yang harus dihindari. Dengki timbul akibat perasaan cemburu atau iri hati yang sangat besar. Dengki amat dekat dengan kejahatan, seperti : kebencian, fitnah, dan perasaan dendam. Karena itu, hindarilah perilaku dengki, sebagaimana firman Allah :

Q.S. Al-Falaq [113] : 1, 2, dan 5
Artinya :
1. Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),
2. dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,
3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4. dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),
5. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”
(Q.S. Al-Falaq [113] : 1, 2, dan 5)

Perilaku dengki atau hasad merupakan perilaku tercela yang harus kita hindari. Pada zaman dakwah Nabi Muhammad SAW secara terang-terangan, dua orang pamannya yaitu Abu Lahab dan Abu Jahal adalah orang-orang yang mempunyai sifat dengki. Dimana, mereka selalu memiliki perasaan tidak senang terhadap keberhasilan Rasulullah SAW dalam kemajuan dakwahnya. Mereka senantiasa memusuhi dan menghalangi dakwah Rasulullah SAW. Meskipun dengan segala cara, bahkan sampai pada upaya pembunuhan Rasulullah SAW. Kita sebagai orang muslim, harus menghindari perilaku dengki Abu Lahab dan Abu Jahal. Perilaku dengki hanya akan membawa kehinaan di dunia dan di akhirat.

Kalian sudah menyimak kisah Abu Lahab dan Abu Jahal. Kedua orang tersebut sering diceritrakan para ulama karena sifatnya yang teramat jelek. Mereka berperilaku tercela, karena mempunyai sikap dengki terhadap kaum muslimin pada zamannya.

Perilaku dengki sangat merugikan diri sendiri. Hal ini telah kalian baca dari kisah Abu Lahab dan Abu Jahal.Meskipun mereka termasuk orang terhormat, namun mereka mati dalam kehinaan karena sifat dengkinya.Ini menunjukan bahwa Allah memuliakan orang yang selalu teraniaya dan dizalimi. Karena kebaikan si pendengki akan dipindahkan kepada yang didengkinya.

Orang muslim itu tidak dengki dan dengki itu tidak menjadi akhlaq-nya, selagi ia mencintai kebaikan bagi kaum muslim. Karena, dengki berlawanan dengan cinta kebaikan. Dengki adalah perasaan tidak senang terhadap kebaikan atau kebahagiaan orang lain. Dengki terbagi dalam dua bagian, yaitu:
  1. Dengki dengan maksud musnahnya nikmat harta, ilmu, kedudukan, kekuasa'an dari orang lain dan ia berharap mendapatkan hal tersebut
  2. Dengki dengan maksud musnahnya semua nikmat di atas dari orang lain, meskipun ia tidak mendapatkannya.

Hukum Perilaku Dengki atau Hasad
Dengki merupakan penyakit hati yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebab, dengki dapat menghapuskan semua amal kebaikan yang telah kita lakukan.

Allah SWT berfirman yang artinya: "Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu, lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunianya. Sesungguhnya Allah mengetahui segala sesuatu." (QS. an-Nisa' : 32)

Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda yang artinya, Dari Abu Hurairah r.a bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Jauhilah olehmu hasad (dengki), sesungguhnya hasad itu akan memakan kebaikan. Sebagaimana api memakan kayu bakar atau rumput kering."(HR. Abu Dawud)

Jadi, dengki dengan dua jenisnya di atas adalah haram. Sehingga, seseorang tidak boleh bersifat dengki dengan orang lain.

Akibat Dari Perilaku Dengki
Orang yang bersifat dengki, akan dijauhi oleh masyarakat. Sifat dengki akan memberikan kerugian-kerugian, antara lain:
  1. Hati merasa gelisah dan tidak tenang
  2. Kehilangan amal kebaikan yang telah dilakukan di dunia
  3. Dijauhi masyarakat
  4. Selalu memikirkan cara agar orang lain tidak bahagia.

Menyimpan sifat dengki atau iri hati juga bisa membahayakan bagi diri sendiri. Karena akan merasa gelisah dan takut tersaingi oleh orang lain yang lebih dari dirinya dalam segala hal. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar sifat hasad tidak mengalir di dalam tubuh kita, antara lain:
  1. Senantiasa menyadari dampak buruk dari perilaku dengki atau hasad
  2. Senantiasa bergaul dengan orang-orang yang bertaqwa
  3. Selalu berfikir positif terhadap orang lain
  4. Senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT padamu.

Cara Menghindari Perilaku Dengki
cara untuk menghindari perilaku dengki, misalnya sebagai berikut.
a. Menanamkan rasa syukur dalam hati
b. Merasa cukup dengan pemberian dari Allah swt
c. Menyadari bahwa segala sesuatu bersifat sementara
d. Selalu beristigfar kepada Allah


Demikianlah Artikel Cara Menghindari Perilaku Dengki dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Cara Menghindari Perilaku Dengki, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Cara Menghindari Perilaku Dengki dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/10/menghindari-perilaku-dengki.html

0 Response to "Cara Menghindari Perilaku Dengki"

Posting Komentar