Cari Materi

Mengenal Organisasi

Mengenal Organisasi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Mengenal Organisasi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel PKn kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Mengenal Organisasi
link : Mengenal Organisasi

Baca juga


Mengenal Organisasi

Materi berikut ini merupakan materi yang mengenalkan tentang istilah organisasi. Materi tersebut termuat pada mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) kelas 5 jenjang sekolah dasar. Berikut ulasan singkat mengenai organisasi. Semoga bermanfaat.

Tentu kalian tidak asing lagi dengan istilah organisasi. Organisasi artinya tempat berkumpulnya orang-orang untuk melakukan berbagai kegiatan dalam rangkai mencapai tujuan. Dalam melakukan kegiatan organisasi, mereka akan saling kerja sama. Kerja sama dilakukan agar tujuan dalam organisasi dapat tercapai.

Secara umum, organisasi dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, organisasi pemerintah, misalnya Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri, dan Departemen Luar Negeri. Kedua, organisasi nonpemerintah, misalnya koperasi, persatuan sepak bola, dan perkumpulan seni musik.

Kelompok musik adalah salah satu organisasi nonpemerintah

Setiap organisasi baik organisasi pemerintah atau organisasi nonpemerintah memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri sebuah organisasi antara lain memiliki tujuan yang jelas, memiliki anggota, memiliki pemimpin dan pengurus, serta mempunyai kegiatan yang pasti.

1. Pengurus dalam sebuah organisasi
Secara umum, organisasi terdiri atas ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, dan seksi-seksi. Mereka disebut juga pengurus organisasi. Untuk mewujudkan tujuan organisasi, maka setiap pengurus akan mendapatkan tugas. Setiap pengurus memiliki tugas yang berbeda-beda. Mereka membagi tugas agar pekerjaan dalam organisasi itu dapat diselesaikan dengan baik. Berikut ini pembagian tugas setiap pengurus organisasi.

a. Ketua
Ketua adalah seorang pemimpin organisasi. Tugas ketua antara lain:
1) mengurus organisasi,
2) memimpin rapat organisasi,
3) menandatangani surat, dan
4) bertanggung jawab ke dalam dan keluar organisasi.

b. Sekretaris
Sekretaris adalah pengurus organisasi yang diserahi pekerjaan surat-menyurat. Tugas sekretaris antara lain:
1) membuat surat-surat yang diperlukan,
2) mencatat surat yang keluar dan surat yang masuk, dan
3) membuat agenda kegiatan.

c. Bendahara
Bendahara adalah pengurus keuangan dalam sebuah organisasi. Tugas bendahara antara lain:
1) mengurusi keuangan organisasi,
2) membuat laporan tertulis tentang keuangan organisasi, dan
3) mencatat pemasukan dan pengeluaran uang.

d. Seksi-seksi
Seksi-seksi merupakan bagian dari organisasi yang bertugas mengurus urusan tertentu. Ada beberapa macam seksi, misalnya seksi keamanan, seksi kebersihan, dan seksi hubungan masyarakat. Setiap seksi bertanggung jawab sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Secara sederhana, susunan sebuah organisasi dapat digambarkan dalam skema berikut.

susunan sebuah organisasi
Setiap pengurus organisasi harus melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Apabila tidak, maka tujuan sebuah organisasi tidak akan tercapai. Sesama pengurus organisasi juga harus saling bekerja sama.


Demikianlah Artikel Mengenal Organisasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Mengenal Organisasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Organisasi dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/11/mengenal-organisasi.html

0 Response to "Mengenal Organisasi"

Posting Komentar