Cari Materi

Seni Mengajar

Seni Mengajar - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Seni Mengajar untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel guru dan sekolah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Seni Mengajar
link : Seni Mengajar

Baca juga


Seni Mengajar

Calon guru harus menguasai berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi guru profesional. Pengetahuan di bidang pelajaran yang diampu, keterampilan berkomunikasi secara efektif, keahlian dalam membuat persiapan mengajar dan media pembelajaran, penguasaan teknik penelitian tindakan kelas, dan beberapa kemampuan lain adalah contoh betapa banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang calon guru.

Undang-undang tentang guru dan dosen yaitu UU no 14 tahun 2005 menyebutkan empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru profesional. Pertama adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan di bidang keguruan dan pengajaran. Kedua adalah kompetensi profesional yaitu penguasaan guru akan materi keilmuan yang menjadi bidang pengajarannya. Ketiga adalah kompetensi sosial yaitu kemampuan guru untuk bekerja sama dengan guru lain, struktur sekolah, orang tua atau pun masyarakat dalam rangka menyukseskan tugas mengajarnya. Keempat adalah kompetensi kepribdian yaitu karakter individual sebagai teladan bagi masyarakat, terutama untuk para siswanya.

Berbagai keterampilan dan kemampuan dasar yang telah dikuasai oleh calon guru ternyata tidak menjamin kesuksesan ketika mengajar. Bahkan seorang guru baru sering kali merasa frustasi ketika menghadapi kenyataan yang begitu rumit, dan tidak cocok dengan teori atau skill yang yang telah dipelajarinya. Adakah yang salah dengan teori atau keterampilan yang diajarkan di kampus? Tidak demikian. Semua keterampilan dan teori tersebut ibaratnya adalah bahan-bahan mentah dari seorang pembuat kua. Untuk membuat kue yang enak masih harus dilakukan penimbangan, mencampur, mengolah, mengukus, menggoreng dan lain sebagainya. 

(Sumber Gambar: http://alohadharma.com)

Mengajar adalah suatu seni, bukan menyusun suatu mesin menggunakan onderdil-onderdil yang sudah paten dari pabrik. Seorang guru harus melakukan pengamatan, analisis siswa, pemilihan strategi, evaluasi hingga terus berimprovisasi dalam proses pengajaran yang dilakukan. Setiap kondisi, baik siswa, kelas, lingkungan sekitar atau pun sarana sekolah memiliki karakter khusus yang menuntut jiwa seni seorang guru dalam mengajar. 




Demikianlah Artikel Seni Mengajar dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Seni Mengajar, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Seni Mengajar dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/11/seni-mengajar.html

0 Response to "Seni Mengajar"

Posting Komentar