Cari Materi

Cara memilih pengurus organisasi

Cara memilih pengurus organisasi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Cara memilih pengurus organisasi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel PKn kelas 5, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Cara memilih pengurus organisasi
link : Cara memilih pengurus organisasi

Baca juga


Cara memilih pengurus organisasi

Sebelum kita mengulas tentang bagaimana Cara memilih pengurus organisasi, ada baiknya kita mengenal apa itu organisasi ? Silahkan klik materi berikut ini untuk mengetahui materi mengenal organisasi.

Cara memilih pengurus organisasi

Pengurus dalam sebuah organisasi dipilih oleh anggotanya. Misalnya pemilihan pengurus kelas, maka yang memilih adalah seluruh anggota kelas. Bagaimana cara memilih pengurus organisasi di kelas kalian? Berikut ini akan dijelaskan cara memilih pengurus dalam sebuah organisasi pada umumnya.

Cara memilih pengurus organisasi

Pemilihan pengurus dalam sebuah organisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya melalui penunjukan langsung dan melalui pemilihan.

Pemilihan pengurus melalui penunjukan langsung disebut juga aklamasi. Pemilihan secara aklamasi bisa dilaksanakan di lingkungan masyarakat, misalnya dalam memilih ketua RT. Simaklah cerita berikut!
Pemilihan pengurus melalui penunjukan langsung
Pemilihan pengurus melalui penunjukan langsung

Cerita di atas adalah contoh memilih pengurus organisasi secara aklamasi. Anggota menentukan salah satu di antara mereka menjadi ketua. Para anggota yang lain biasanya setuju dengan penunjukan tersebut. Kemudian ketua yang terpilih membentuk pengurus-pengurus lain yang diperlukan.

Cara yang kedua dalam memilih pengurus organisasi adalah melalui pemilihan. Kita sering melihat cara pemilihan yang seperti ini. Bahkan kita juga sudah pernah mengalaminya yaitu dalam memilih ketua kelas.

Dalam pemilihan ketua kelas, biasanya ada dua atau tiga siswa yang menjadi calon. Sebelum diadakan pemilihan, calon ketua kelas akan menyampaikan program-program atau biasa disebut kampanye.

Semua anggota kelas mempunyai hak untuk menentukan pilihannya. Hak mereka untuk memilih disebut juga hak suara. Setiap anggota kelas memiliki satu hak suara. Mereka dapat memberikan hak suara tersebut kepada calon yang dipercayainya. Calon ketua kelas dinyatakan menang apabila memperoleh suara terbanyak atau mencapai 50% + 1 dari jumlah suara yang sah.


Demikianlah Artikel Cara memilih pengurus organisasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Cara memilih pengurus organisasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Cara memilih pengurus organisasi dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/12/cara-memilih-pengurus-organisasi.html

0 Response to "Cara memilih pengurus organisasi"

Posting Komentar