Cari Materi

Kata Kunci untuk Orasi Guru

Kata Kunci untuk Orasi Guru - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Kata Kunci untuk Orasi Guru untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel komunikasi guru, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Kata Kunci untuk Orasi Guru
link : Kata Kunci untuk Orasi Guru

Baca juga


Kata Kunci untuk Orasi Guru

Berbicara di depan publik (orasi) merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru. Tidak hanya berbicara di kelas, guru juga membutuhkan keterampilan ini ketika memberi sambutan atau pembicara di acara-acara sekolah, menjadi pemateri di seminar atau acara-acara yang lain. Karena itu tidak salah jika seorang guru juga adalah seorang orator.

Menyampaikan suatu pembahasan di depan publik bisa dengan membaca sebuah naskah, menggunakan media yang berisi kalimat-kalimat kunci (seperti power point) atau sama sekali tidak menggunakan naskah dan media pendukung. Ketika menyampaikan pidato menggunakan naskah, maka yang perlu dilakukan guru adalah memahami isi naskah dan berlatih membacanya secara tepat beberapa kali. Demikian pula ketika menggunakan media pembantu seperti ppt di proyektor. 

Persiapan menjadi lebih berat ketika guru melakukan orasi tanpa menggunakan naskah atau media pendukung. Semua isi pembicaraan secara sistematis harus tersimpan di kepalanya . Bagi seseorang yang telah mahir dan jam terbangnya tinggi mungkin hal ini mudah dilakukan, bahkan bisa jadi lebih mudah daripada menggunakan media bantu. Namun bagi seorang guru pemula atau yang belum berpengalaman banyak berbicara di depan publik, hal ini sangat sulit dilakukan.

Berbicara di depan publik tanpa media bantu sebenarnya terbagi menjadi dua yaitu:
1. Memorier, yaitu jika isi pembicaraan telah dipersiapkan sebelumnya secara lengkap kemudian 
    sang orator menghafal isinya dengan baik.
2. Impromtu, yaitu jika isi pembicara lebih bersifat spontanitas. Biasanya sang orator hanya 
    menyiapkan tema utama dan sub-sub tema yang mendukungnya. 

Bagi seorang pemula mungkin cara yang pertama akan terlihat lebih mungkin dilakukan. Namun situasi panggung yang balum benar-benar dikuasai dapat mengacauan konsentrasi sehingga hafalan akan orasi yang akan disampaikan menjadi kacau bahkan hilang. Untuk itu setelah mempelajari dan menghafal isi orasi sebaiknya digunakan kata-kata kunci, untuk lebih memudahkan mengingat kembali ketika situasi gugup muncul.


Kata kunci dapat membantu orator menjadi lebih tenang


Isi orasi terlebih dahulu dibuat dalam bentuk kerangka pokok pembahasan. Pokok-pokok bahasan tersebut kemudian disederhanakan lagi menjadi kata-kata kunci yang berurutan. Kata-kata tersebut harus benar-benar secara logis dapat kita hubungkan satu dengan yang lain sesuai dengan isi orasi secara keseluruhan. Hal ini dapat dimisalkan seperti pembuatan suatu peta konsep. Beberapa kata dalam peta konsep tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain hingga membentuk suatu cerita yang lengkap. 

Langkah selanjutnya kata-kata kunci dituliskan secara rapi dalam suatu lembar yang praktis atau beberapa kartu yang mudah dibawa sehingga dapat digunakan untuk latihan kapanpun dikehendahi. Bahkan saat-saat menjelang penyampaian orasi. Namun perlu diingat persiapan yang berlebihan menjelang tampil justru dapat menghilangkan konsentrasi dan meningkatkan kegugupan.

Hilangnya konsentrasi karena kegugupan merupakan gejala mental yang normal ketika seseorang menjadi pusat perhatian. Todak hanya di atas panggung, seorang guru yang baru pertama mengajar juga pasti mengalami demam panggung ini. Penggunaan kata kunci dan juga media bantu, di awal-awal pasti juga masih agak berat. Butuh latihan dan persiapan yang matang. Namun seiring dengan seringnya berbicara di depan publik, maka kata-kata kunci tersebut akan sangat mudah diingat. Bahkan seorang orator yang sangat berpengalaman dapat membuat suatu orasi secara spontan saat itu juga dengan baik.

Buku Rujukan:
O'Hair, Dan. Rubenstein, Hannah. Stewart, Rob. A Pocket Guide for Public Speaking. Edisi Tiga. Boston: Bedford


Demikianlah Artikel Kata Kunci untuk Orasi Guru dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Kata Kunci untuk Orasi Guru, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Kata Kunci untuk Orasi Guru dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2015/12/kata-kunci-untuk-orasi-guru.html

0 Response to "Kata Kunci untuk Orasi Guru"

Posting Komentar