Cari Materi

Cara Membuat Buku Digital

Cara Membuat Buku Digital - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Cara Membuat Buku Digital untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Simulasi Digital, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Cara Membuat Buku Digital
link : Cara Membuat Buku Digital

Baca juga


Cara Membuat Buku Digital

Cara Membuat Buku Digital  - Pada proses penyiapan materi untuk dikonversi menjadi buku digital, hal yang perlu diperhatikan adalah memberi pemahaman kepada siswa bahwa pembaca buku digital memiliki kebebasan mengakses isi buku sesuai dengan apa yang dicari dan dapat dibaca secara acak/tidak runtut.

Oleh karena itu penyiapan materi harus diupayakan agar bagian dari isi buku dapat berdiri sendiri atau bersifat modular. Sifat ini meminimalkan ketergantungan antara bab yang satu dengan yang lain.
Pertimbangkan juga perangkat yang akan digunakan oleh pembaca. Pembaca yang menggunakan feature phone tidak dapat menampilkan ePub yang menyertakan video maupun audio.



Mengatur tata letak (layout) dokumen
Sebelum diformat, bahan ajar dalam bentuk dokumen harus terlebih dahulu disesuaikan formatnya dengan cara melakukan beberapa pengaturan.

a. Mengatur Gambar
Gambar perlu diatur sehingga tampil dengan baik ketika dikonversi ke file ePub. Beberapa hal yang perlu diatur dalam menyiapkan gambar adalah sebagai berikut:
Format gambar sebaiknya dalam tipe JPEG
Semua gambar di dalam file teks harus menggunakan format JPEG. Salah satu cara memastikan foto tersebut tersimpan dalam format JPEG adalah dengan melihat tipe file (file type) pada explorer, apakah sudah dalam bentuk JPEG Image. Jika masih dalam bentuk lain, misalnya Bitmap Image, maka mengubah filetype gambar menjadi JPEG Image dapat dilakukan dengan membuka file foto tersebut menggunakan aplikasi lain semisal GIMP, Adobe Photoshop atau Paint.

- Gambar
Gambar harus berada dalam posisi in line with text. Untuk mengubah semua pengaturan tata letak (layout) gambar menjadi in line with text dapat dengan cara klik kanan gambar Wrap text In line with text pada perangkat lunak pengolah kata.
Equation atau gambar rumus
Equation maupun rumus yang berada pada dokumensebaiknya diubah dalam bentuk gambar. Hal ini untuk menghindari tata letak yang berantakan akibat  proses konversi ke format ePub
b. Mengatur Tabel
Tampilan tabel dalam ePub harus diperhatikan, dikarenakan alat baca ePub yang beragam baik dari sisi perangkatnya maupun perangkat lunak. Tampilkan informasi secukupnya pada tabel, dan potong kolom sesuai kebutuhan jika dirasa data yang ditampilkan terlalu panjang.

Untuk pengaturan lebar tabel, buatlah menjadi relative, untuk melakukannya pada Ms. Word: tempatkan kursor dalam sel tabel dan klik kanan. Sebuah jendela pop-up akan muncul dan pilih table properties.

Centang preffered widthpada tab table, kemudian ubah properti Measurein menjadi percent, dan terakhir ubah lebar menjadi 100%. Hal ini akan memastikan tabel ditampilkan selebar layar pada semua perangkat pembaca epub nantinya.
c. Mengatur Audio
Format file audio yang dapat digunakan untuk buku digital adalah mp3. Untuk mengubah format file selain mp3 menjadi format mp3 dapat menggunakan perangkat lunak formatfactory.
Langkah-langkah menyiapkan video dalam format mp3 untuk buku digital adalah sebagai berikut.

(a) Buka Format Factory, kemudian pilih Audio all to mp3 
(b) Setelah itu cari file yang akan diubah dengan menekan add file atau add folder
(c) Tekan tombol OK jika file sudah masuk 
(d) Tekan tombol Start untuk memulai konversi
(e) File yang sudah berhasil di konversi akan berada di folder My Documents > FF Output

d. Mengatur Video
Seringkali materi pembelajaran memerlukan penjelasan yang lebih rinci dari pada sekedar teks dan gambar. Rekaman video merupakan salah satu sumber belajar yang relatif mudah untuk dibuat ataupun dicari di internet.
Format video yang didukung oleh epub adalah mp4, sehingga format video lainnya harus diubah menjadi format mp4. Dalam kasus ini, Anda akan menggunakan perangkat lunak Format Factory.
Penggunaan Format Factory cukup mudah, dari halaman awal, pilih video all to mp4, add file, kemudian pilih video yang ingin diubah menjadi format mp4. Langkah-langkah menyiapkan video dalam format mp4 untuk buku digital adalah sebagai berikut.

a. Buka Format Factory, kemudian pilih all to mobile device   
b. Setelah itu atur Bitrate (KB/s) menjadi 800 KB/s
c. Untuk menambahkan video tekan tombol Add File   
d. Tekan tombol Start untuk memulai konversi
e. File yang sudah berhasil dikonversi akan berada di folder My Documents FFOutput

e. Menghilangkan formatting standart
Yang dimaksud dengan formatting standard di sini adalah format text layout pada dokumen word yang harus mengikuti ketentuan- ketentuan layout sehingga ketika dilakukan proses konversi ke format ePub,  layout,  atau  tampilan  yang  tidak  sesuai  dapat   dihilangkan.

Adapun beberapa ketentuan dalam format text layout pada dokumen word yang harus dihilangkan atau diubah adalah sebagai berikut.
-Pastikan pemberian halaman otomatis (page  number)pada setiap halaman di hilangkan.
-Pastikan dokumen halaman tidak menggunakan header dan footer
-Pastikan  setiap  rumus  yang  dibuat  (antara  lain menggunakan equation editor) diubah menjadi format gambar
-Pastikan setiap tabel dibuat  menjadi format gambar

1. Pengembangan ePub
Proses pengembangan ePub dapat dilakukan dengan lebih mudah jika materi bahan ajar telah dibuat dalam format dokumen terlebih dahulu.
Terdapat 3 tahap pengembangan ePub yang dibahas dalam kegiatan belajar ini.
a. Konversi materi menjadi ePub
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengembangan buku digital adalah perubahan materi yang dimiliki menjadi format ePub. Materi yang dapat diubah menjadi format ePub adalah materi dalam bentuk word atau pdf.

1. Konversi file word ke file html
Sebelum diubah menjadi HTML, pastikan dokumen tersebut telah disiapkan sesuai dengan langkah menyiapkan materi sebelum diubah menjadi buku digital, simpan dokumen menjadi html dengan cara:
File save as web page filtered.

Pastikan yang dipilih adalah tipe web pagefiltered. Jika dipilih tipe web page akan menghasilkan keluaran .html yang memiliki sintaks yang tidak biasa digunakan pada halaman web.
2. Konversi pdf ke ePub
Buka aplikasi Calibre dan tekan tombol add books.
Sebuah jendela pop-up akan tampil untuk mengarahkan Anda memilih pdf yang akan dibuat. Pilih File tersebut lalu tekan tombol openkemudian pilih file yang akan ditambahkan ke calibre

Mengkonversi files Anda Pilih file Anda dan klik Convert E-books.
Pada jendela pop-up yang muncul di drop down box di sisi kanan pastikan bahwa Output formatyang dipilih adalah EPUB.

Pilih tab EPUB Outputdan tandai (centang) kotak Do not spliton page breaksdan No default cover. Kemudian pilih OK output Epub

Hal tersebut merupakan langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk menyusun dan mengubah (konversi) ePub dari file PDF.
b. Memberi Identitas Buku
Untuk memberikan identitas buku digital seperti kolofon, sampul buku, indentasi dapat digunakan perangkat lunak Sigil. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file html yang telah dikonversi ke dalam Sigil dengan cara Sigil  File  Open, kemudian pilih html yang telah dibuat.

Setelah itu pastikan tidak ada kesalahan di dalam dokumen tersebut, hapus spasi yang berlebih serta pastikan gambar sudah pada tempatnya.

1. Memberikan Sampul Buku
Sampul buku dalam buku digital muncul pada tampilan utama perangkat lunak pembaca buku digital bersama informasi lainya seperti judul buku dan nama pengarang seperti gambar di bawah ini.
Untuk membuat sampul buku, Anda perlu menyiapkan sebuah file gambar yang akan digunakan sebagai halaman sampul. Jika gambar yang ingin digunakan sebagai sampul buku sudah terdapat di dalam dokumen html, anda dapat menunjuknya sebagai halaman sampul dengan cara berikut ini.
Images pilih gambarklik kanan add semantic cover image.

Jika gambar belum tersedia, Anda dapat menambahkan file gambar tersebut dengan cara klik kanan images add existing files pilih gambar.

Cara lain untuk menambahkan halaman sampul dengan menggunakan menu tools kemudian pilih menu add cover.

Memasukkan Sampul Buku Melalui Tools Setelah menu add cover dipilih maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini

Untuk mencari gambar yang kita inginkan tekan tombol other filesdan akan muncul halaman untuk mencari file gambar yang ingin kita jadikan sampul seperti gambar berikut.

Pilih gambar yang akan dijadikan sampul dan tekan tombol open.
2. Kolofon dan Metadata
Kolofon adalah catatan penulis, umumnya pada akhir naskah atau terbitan, berisi keterangan mengenai tempat, waktu, dan penyalin naskah. Kolofon pada buku digital sama dengan metadata.
Metadata merupakan sebuah informasi yang mendeskripsikan sebuah file. Pada epub, metadata berfungsi memberikan informasi pada sebuah buku: judul, nama pengarang, tahun penerbitan, bahasa, ISBN, penerbit, kategori, deskripsi, dll.

Untuk masuk ke jendela metadata, dari sigil Tools Metadata editor, atau tekan tombol F8. Setelah itu silahkan masukkan judul (Title), pengarang (author), serta untuk menambahkan properti lainnya seperti penerbit, tahun terbit, dll silahkan tekan tombol addbasic, dan kemudian ubah valuenya.

3. Memberikan Indentasi dan Daftar Isi pada Buku Digital
Indentasi adalah bagian paragraf yang menjorok ke dalam pada baris-baris paragraf. Indentasi adalah bagian dari pembuatan daftar isi. Daftar isi merupakan cara utama pengguna melakukan navigasi di dalam dokumen ePub. Pengguna dapat langsung membuka bagian dokumen yang ingin dibaca dengan menggunakan daftar isi tanpa harus membuka tiap-tiap halaman, sistem yang mirip dengan hyperlink di halaman web. 
Sigil memiliki fitur untuk membuat daftar isi secara otomatis. Hal yang perlu dipersiapkan hanyalah menentukan header setiap bab yang ingin dimasukkan di dalam daftar isi. Jika dokumen word yang digunakan telah menggunakan styling, maka dokumen telah terformat secara otomatis, tetapi jika belum, maka pengguna  harus menentukan header di Sigil. Dengan cara: Tempatkan cursor dikalimat topik/subtopik pilih header

Dapat dilihat di gambar kiri, cursor (lingkaran merah) terletak di kalimat Konversi word ke HTML, yang ditetapkan sebagai h2 (header 2, persegi merah), sedangkan isi paragraf di gambar kanan (lingkaran merah) diberikan styling p/(paragraf, persegi merah). h1 menandakan topik utama, h2 subtopik, h3 sub- subtopik, dst. Simbol pmenandakan isi paragraf yang tidak dimasukkan ke dalam daftar isi. Untuk membuat daftar isi di readium cukup dengan masuk ke tools table of content generate table of content OK.

c. Memasukkan File Multimedia
Sejak versi 7.0, Sigil telah mendukung import file rekaman video dan rekaman suara ke dalam dokumen epub. Untuk saat ini format yang telah didukung oleh epub adalah:
-Video: (mp4, webm)
-Audio: (mp3, wav, ogg)
Jika ingin memasukkan video dalam format lainnya ke dalam buku, digital, Anda dapat menggunakan software konversi video, salah satunya adalah dengan menggunakan software gratis, FormatFactory (www.pcfreetime.com)atau avidemux.
Untuk memasukkan file video/audio cukup dengan menempatkan cursor mouse di tempat yang Anda inginkan, kemudian lakukan salah satu dari dua cara berikut.

1. Klik kanan  insert file other file pilih audio/video yang diinginkan. Maka akan muncul tampilan pemutaran video/audio di jendela editor seperti di bawah ini.

Setelah itu pilih file save as untuk menyimpan dokumen Anda sebagai epub.
2. Klikgambar
Klik other file pada tampilan Insert File seperti gambar di bawah ini.

3. Pada jendela AddExistingFiles pilih video yang anda inginkan
Apabila tampilan sudah seperti gambar di bawah ini berarti add audio atau video Anda sudah berhasil.

2. Langkah-langkah Membaca Buku Digital
Terdapat berbagai macam perangkat lunak (software) untuk membaca epub, namun hanya sebagian yang dapat memutar file multimedia, antara lain:
-    Melalui komputer :
•    aplikasi desktop -> GHP Reader
•    Google Chrome ->Readium ->install dari chrome store ->  beberapa video tidak dapat diputar Melalui tablet / smartphone:
•    Android  ->Ideal  Reader  atau  moon+reader  ->install  dari google play
•    iOS -> iBooks
a. Buku digital pada plugin readium
b. Buku digital di Android (ideal read)
a.  Membaca buku digital melalui Readium
Untuk melakukan instalasi pluginReadium di Google Chrome, cukup buka halaman web http://readium.org dari Google Chrome, kemudian tekan tombol “install from chrome web store”, dan pilih “add”.

Untuk mengakses Readium, ketikkan chrome://apps/ di address bar Google Chrome Anda, dan silahkan pilih Readium dari daftar aplikasi GoogleChrome Anda.
Untuk menambahkan buku ke dalam readium, tekan tombol “add newbook” di pojok kanan atas Google Chrome, maka buku akan ditambahkan ke dalam pustaka Readium.
Untuk mulai membaca buku, silahkan klik di gambar buku atau tombol “read”.


Demikianlah Artikel Cara Membuat Buku Digital dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Cara Membuat Buku Digital , semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Buku Digital dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2016/05/cara-membuat-buku-digital.html

0 Response to "Cara Membuat Buku Digital "

Posting Komentar