Cari Materi

7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan

7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul 7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Bahasa Indonesia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : 7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan
link : 7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan

Baca juga


7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan

Halo sobat kali ini admin akan memberikan kalian contoh teks eksposisi dengan berbagai tema seperti teks eksposisi tentang lingkungan, pendidika, dan kesehatan secara singkat yang akan saya berikan langsung beserta dengan struktur teksnya. Saya harap beberapa contoh teks eksposisi terbaru yang akan saya berikan dibawah ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Teks eksposisi sendiri mempunyai definisi sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat yang bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi-informasi tertentu agar dapat menambah ilmu pengetahuan sang pembaca.
contoh teks eksposisi lingkungan pendidikan kesehatan

Teks eksposisi ini dibangun oleh 3 struktur, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Pernyataan Pendapat (tesis), adalah bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) sang penulis. Bagian ini biasa disebut bagian pembuka.
  2. Argumentasi, adalah bagian yang berisikan alasan yang dapat memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat, merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang penulis.
Setelah kita mengetahui struktur teks dari teks eksposisi seperti di atas, teks eksposisi juga memiliki beberapa kaidah kebahasaan yang dapat dijadikan sebagai ciri teks eksposisi agar kita bisa mengetahui suatu teks dapat dikatakan sebagai teks eksposisi atau tidak. Berikut merupakan beberapa kaidah kebahasaanya.
  1. Pronomina.
  2. Kata leksikal : Nomina, Verba, Adjektiva, dan Adverbia.
  3. Konjungsi.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan

Lingkungan Sekolah


Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih.

Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini.

Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga. Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.

Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.

Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.

Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan

Pendidikan Remaja

Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi dimana dimulai,mulai umur 10 hingga 21 tahun. Pada masa itu remaja juga sedang mencari identitas dirinya. Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang jujur,kreatif,peduli,santun, dan percara diri.

Pada masa remaja merupakan masa sulit karena butuh pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak. Dalam masa ini remaja butuh orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif agar tidak terpengaruh ke perbuatan negative. Jika pengendaliannya baik maka remaja bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.

Pendidikan Karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka juga diajarkan nilai religious yang dapat menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu mereka juga diajarkan nilai toleransi dan cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan agar membentuk remaja yang mempunyai sifat pengasih.

Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membuntuk remaja yang unggul, Mereka juga dapat bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun internasional.  Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat. Nilai positif dalam pendidikan karakter juga dapat membuat kegiatan remaja terarah dan akan mempunyai budi pekerti yang baik.

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dan dua di Indonesia. Penyakit ini menyerang siapapun tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitannya. Bahkan penyakit storke pernah ditemukan pada seorang anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, diidentifikasikan pernah menyerang seorang bayi yang baru lahir. 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan-makanan sembarangan, merokok dan minum-minuman keras. Penyakit ini menyerang tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah mengetahui cara-cara pencegahan penyakit ini merupakan suatu tindakan yang bijaksana untuk menghindari mereka. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Yang pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. Dengan mengetahui hal ini, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko sangat rentan terserang penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang sehat. 

Hindari kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok, makanan berkolestrol dan minuman alcohol. Makanan-makanan tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya sehingga akan sangat rentan rusak. Selain itu, makanan berkolestrol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung. 

Menjaga tekanan darah agar selalu normal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi orang-orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada di kepala sehingga menggangu sistem saraf yang akan mengakibatkan stroke. Oleh karena itu, pantaulah selalu tekanan darah, hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup.

Selain memantau tekanan darah, jagalah kadar kolestrol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama yang menyebabakan serangan jantung. Ada 2 jenis lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu: LDL dan HDL. LDL adalah lemak yang jahat di dalam tubuh, sedangkan HDL merupakan lemak yang baik. Untuk mengatur kadar lemak dan menghilangkan HDL di dalam tubuh sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol. 

Yang terakhir adalah lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga akan memberikan kekebalan bagi tubuh dari penyakit-penyakit. Namun harus diimbangi juga dengan kebiasaan dan makanan yang baik.


Demikianlah Artikel 7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul 7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel 7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/01/7-contoh-teks-eksposisi-singkat-tentang.html

0 Response to "7 Contoh Teks Eksposisi dan Struktur Singkat tentang Lingkungan, Pendidikan dan Kesehatan"

Posting Komentar