Cari Materi

Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu

Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu
link : Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu

Baca juga


Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu

Selamat siang sob,di siang kali ini admin akan memberitahu  asal kata bahasa Indonesia.Pernakah terlintas di pikiran sobat dari mana sih asal bahasa Indonesia yang sobat gunakan sebagai bahasa sehari-hari ???,ya, mungkin terlintas dipikiran sobat, begitu pula admin yang berfikir seperti itu.Nah bagi sobat yang ingin mengetahui asal kata bahasa indonesia disini admin akan menjelaskannya secara singkat kepada sobat semua,Kalau begitu mari kepembahasan.

Asal Kata Bahasa Indonesia

Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu
BAHASA merupakan suatu hal yang baik untuk menunjukkan identitas kultural suatu bangsa.Dengan maksud lain bahasa petunjuk bagi bangsa.Oleh karena itu perlu untuk bangsa malenesia melestarikan sekisas 250 bahasa etnisnya dari arus besar dominasi bahasa Indonesia. penting sebagai usaha melestarikan identitas bangsa Melanesia, yang selama ini lebur dalam “NKRI” dan dalam berbagai hal justru mengalami Jawanisasi. 

bangsa Melanesia menggunakan bahasa Indonesia, bangsa kita ini merupakan bahasa persatuan, yang mempunyai tempat kesatu dalam media komunikasi formal, baik itu dengan bahasa teks ataupun lisan, disekolah, perkantoran dan pada media cetak dan elektronik.

Bangsa Indonesia sangat penting  karna sebagai jembatan komunikasi menembus diversitas linguistik yang berbeda satu sama yanglain  termasuk di Papua, dan memiliki kemungkinan  penuturnya menjangkau di seluruh dunia pendidikan modern. Tetapi mesti sobat sadari akan ada nya sisi buruk, terutama bahwa bahasa Indonesia menjadi dominan sampai bahasa-bahasa lain keungkinan akan teralihkan. Entah itu bahasa jawa ,lampung, sunda dan  250 bahasa etnis Melanesia di tanah Papua. 

Sebenarnya Bahasa Indonesia baru  saja dipakai secara serius sejak tahun 1950 di Papua oleh para pendakwah dan pejabat kolonial dengan maksud menyatukan wilayah Papua dengan wilayah Hindia Belanda lainnya. Dengan hal ini kebijakan diskriminasi kolonial Belanda yang mengizinkan bahasa Belanda dipelajari oleh garis keturunan tertentu saja.

Apabila sobat mengetahui, dahulu kala bangsa Melanesia belum diketahui oleh para nasionalis Indonesia, sebagai koloni Belanda yang tidak mengetahui langsung tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Di sisi lain, wilayah ini cukup terisolir oleh koloni Belanda di sebelah barat.

Ini berarti bangsa Melanesia, tidak terkaitt dengan beberapa proses sejarah penting, terhubung dengan pemakaian bahasa Indonesia. Pertama, pada saat bahasa Indonesia dipermaklumkan sebagai bahasa persatuan pada hari Sumpah Pemuda pada tahun 1928, bangsa Papua tidak ada yang mewakili dalam peristiwa tersebut, kedua, pada saat pendudukan Jepang bahasa Indonesia disarankan agar bahasa Belanda tergusur, hal tersebut  tidak terjadi di Papua, dan juga karena pertimbangan militer dan kondisi sosial politik pada saat itu, wilayah Hindia Belanda dibagi oleh kedudukan jepang menjadi tiga wilayah koloni yang terpisah, berada dibawah Angkatan Laut papua berpusat berpusat di Makasar, dan yang ketiga,  wahana perlawanan menyerang kolonialisme  yang dipuncaki proklamasi kemerdekaan RI 1945 yang pada saat itu menggunakan bahasa indonesia, tetapi malah bangsa Papua belum mengenal  apa itu NKRI.

Dari ketiga fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa Indonesia ialah produk historis yang pada prosesnya bangsa Melanesia tidak sepenuhnya terlibat. Tahun 1963 pada saat Orde Lama mencanangkan operasi Trikora, yang kemudian disusul oleh  pelaksanaan Pepera semasa Orde Baru pada  tahun 1969 di papua bahasa Indonesia ini menjadi bahasa resmi.

Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa resmi Republik Indonesia yang telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI tahun 1945, Pasal 36. Bahasa Indonesia ini telah menjadi  bahasa persatuan bangsa Indonesia yang  telah disiratkan pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Meski begitu, bahasa ibu hanya digunakan oleh sebagian kecil dari penduduk Indonesia karena dalam percakapan sehari-hari masyarakat Indonesia lebih senang memakai bahasa daerahnya seperti bahasa Melayu pasar, bahasa Jawa, bahasa Sunda, dll. 

dan sebagian besar lainnya bahasa Indonesia merupakan bahasa kedua dan untuk taraf resmi bahasa Indonesia ialah bahasa pertama. Kata Indonesia ini berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu indos dan nesos, Indos yang memiliki arti "India" dan nesos yang memiliki arti "pulau". Jadi kata Indonesia ini  berarti kepulauan India, atau kepulauan yang terletak di daerah India.

Tahun 1945,pada kemerdekaan Indonesia Bahasa Indonesia telah diresmikan. Bahasa Indonesia adalah bahasa dinamis yang sampai sekarangpun tidak berhenti-henti menghasilkan kata-kata baru, dari bahasa daerah dan asing melalui penciptaan, maupun penyerapan. Bahasa Indonesia adalah dialek baku dari bahasa Melayu yang pokoknya dari bahasa Melayu Riau pendapat ini telah diungkapkan oleh bapak Ki Hajar Dewantara pada Kongres Bahasa Indonesia I tahun 1939 yang bertempat di Solo, Jawa Tengah.

Akan tetapi sudah ditambah, diolah atau dikurangi seiringnya zaman dan alam baru, sampai bahasa itupun digunakan oleh masyarakat diseluruh indonesia pembaharuan bahasa Indonesia di lakukan oleh kaum ahli yang beralam baharoe, maksudnya alam kebangsaan Indonesia. pada Kongres Bahasa Indonesia II 1954 yang terletak di Medan, Sumatra Utara diungkapkan "bahwasannya bahasa Indonesia berasal  dari bahasa Melaju. Dasar bahasa Indonesia ini merupakan bahasa Melaju yang telah timbul dalam masjarakat Indonesia".

pada tanggal 28 Oktober 1928,bisa dikatakan kalau bahasa Indonesia baru lahir atau diterima keberadaannya. Secara yuridis,dan bahasa Indonesia keberadaannya diakui secara resmi pada tahun 18 Agustus 1945.

Bahasa Indonesia ini di pergunakan sebagai penghantar pendidikan di perguruan-perguruan di  Indonesia.

Bahasa Melayu di Indonesia di pergunakan sebagai bahasa pergaulan,tapi tidak semua yang menggunakannya sebagai bahasa ibu. Karena masih banyak yang menggunakan  bahasa daerah.

pada Kongres Nasional kedua di Jakarta tepatnya pada hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan  Awal terciptanya Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa. Pada kongres tersebut dicanangkanlah bahwa Bahasa Indonesia di pergunakan sebagai bahasa untuk negara Indonesia pasca kemerdekaan. Soekarno sendiri  tidak memilih bahasanya, yang pada saat itu bahasa Jawa merupakan bahasa mayoritas, akan tetapi beliau memilih Bahasa Indonesia yang beliau dasarkan dari Bahasa Melayu yang dituturkan di Riau.

Ada beberapa  pertimbangan terpilihnya Bahasa Melayu Riau sebagai bahasa persatuan Negara Republik Indonesia diantaranya ialah:
Bahwa dipergunakannya bahasa Jawa, suku Jawa yang merupakan kelompok mayoritas di Republik Indonesia di sangka  menjajah  suku-suku bangsa di republic Indonesia.

Bahasa Jawa lebih suka dipelajari dari pada bahasa Melayu Riau. Ada tingkatan bahasa yaitu halus, biasa, dan kasar yang digunakan oleh orang-orang dari segi usia, derajat, maupun pangkat. Jika pengguna yang kurang mengerti budaya Jawa, ia akan memperoleh kesan negatif.

Pada tahun 1945, Republik Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura yang dijajah Inggris.Yang saat itu menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Melayu, diharapkan agar  negara-negara tersebut dapat membangkitkan semangat pembela tanah air dan nasionalisme negara-negara di Asia Tenggara.

Nah itulah  sob penjelasan tentang asal kata bahasa Indonesia yang bisa admin berikan  Semoga Bermanfaat !


Demikianlah Artikel Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/01/asal-muasal-kata-bahasa-indonesia-dan.html

0 Response to "Asal Muasal Kata Bahasa Indonesia dan Melayu"

Posting Komentar