Cari Materi

Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis

Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis
link : Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis

Baca juga


Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis

Definisi atau pengertian dari sebuah sinopsis adalah merupakan ringkasan  peristiwa yang mendasari sebuah cerita film yang akan dibuat, atau bisa juga diistilahkan sebagai  sebuah garis besar yang menggambarkan isi dari sebuah film.
Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis

Sebuah Synopsis memiliki fungsi, yang mana fungsi-fungsi tersebut ialah diantaranya:
  • Dapat digunakan untuk dijadikan sebuah gambaran dari isi sebuah naskah cerita.
  • Dapat dijadikan sebagai sebuah pembuka dari naskah storyboard yang akan dibuat.
  • Dapat dijadikan sebagai gambaran yang jelas dan sederhana mengenai urutan sebuah cerita yang ada didalam naskah . 

Sebuah synopsis itu sob, pada dasarnya adalah cerita singkat yang dibentuk dan diletakkan pada awal sebuah naskah, yang mana tujuan dibentuknya hal tersebut untuk memberikan arahan kepada pembaca naskah untuk memahami sebuh naskah tersebut, tanpa harus membaca semua isi dari naskah tersebut.

Synopsis itu secara umum tidak hanya dibuat kedalam bentuk naskah sebuah pementasan saja sob, tetapi ia diperlukan juga oleh sang pembuat novel yang mana synopsis yang dipakai oleh pembuat novel tersebut, dinamakan synopsis novel. Sekarang admin mau Tanya nihhh sob, apa sih yang dimaksud dengan synopsis novel  itu???

Jawaban = jadi yang dimaksud dengan synopsis novel itu adalah ringkasan sebuah cerita novel. Yang mana ringkasan sebuah novel itu memiliki pengertian sebagai sebuah bentuk kata-kata pendek yang menjadi perwakilan cerita dari isi sebuah novel, dengan tetap memperhatikan unsur-unsur penting yang ada didalam novel tersebut.

Tujuan dari pembuatan sebuah synopsis sendiri adalah sebagai salah satu cara untuk membuat atau menciptakan karangan isi sebuah cerita yang panjang menjadi lebih singkat tetapi jelas. Terbentuknya sebuah synopsis yang baik dan benar serta jelas adalah dengan memperhatikan keindahan dari gaya bahasa yang dipakai, ilustrasi, serta penjelasan-penjelasan dari isi sebuah cerita tersebut dihilangkan dengan tetap mempertahankan isi dan gagasan dari cerita.

Memang sulit sob, untuk menjadi yang terbaik. Tetapi apabila sobat ada niat disertai doa dan pastinya berusaha, maka tidak ada yang tidak mungkin. Semua apa yang ingin sobat capai pasti akan terkabulkan.

Berikut sob, admin sudah siapkan cara dan langkah-langkah yang sobat perlu lakukan didalam pembuatan sebuah synopsis. 
  1. Sebelum sobat membuat sebuah sinopsis, bacalah naskah asli yang sobat ingin buat sinopsinya terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui kesan, substansi dan esensi umum penulis.
  2. Setelah itu, catatlah gagasan utama dari naskah tersebut dengan memberikan tanda pada gagasan-gagasan yang sobat anggap penting., seperti tanda garis bawah dan lain-lain.
  3. Kemudian tulis ringkasan dari gagasan-gagasan utama yang sobat telah catat tadi, didalam penulisan ringkasan ini, sobat harus memakai kalimat yang padat, efektif, dan menarik tujuannya untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
  4. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
  5. Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel. 

Oky sob, cukup sekian penjelasan mengenai definisi sinopsinya, somoga dengan penjelasan-penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih…….


Demikianlah Artikel Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/01/definisi-sinopsis-fungsi-dan-tujuan.html

0 Response to "Definisi Sinopsis, Fungsi dan Tujuan dalam pembuatan Sinopsis"

Posting Komentar