Cari Materi

Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi
link : Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Baca juga


Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Pengertian Animasi 2 Dimensi Dan 3 Dimensi - Hay sob..!,jumpa lagi nih dengan admin.Tidak asing lagi ya sob mendengar kata Animasi.Tapi masih banyak yang bingung sebenarnya animasi itu apa sih? Dan apa sih perbedaan animasi 2 dimensi dan 3 dimensi itu ?,Nah tidak usah bingung sob admin akan memberitau  kepada sobat semua apa itu animasi 2 dimensi dan 3 dimensi.

Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi
Animasi merupakan suatu rangkaian objek diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kitatonton pada film – film kartun di tv atatupun dilayar lebar.jadi dapat kita simpulkan bahwa Animasi ialah menghidupkan benda yang diam diproyeksikan menjadi bergerak.

3 Pemakaian  animasi pada komputer telah dimulai sejak ditemukannya software komputer yang dapat digunakan dalam melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan objek dari satu ke objek lainnya berikutnya sampai terbentuk gerakan tertentu.

Animasi computer merupakan salah satu seni yang dalam pembuatannya menggunakan computer, animasi computer juga merupakan bagian bidang computer grafik dan animasi. Dengan menggunakan grafik computer 3D sobat dapat menghasilkan banyak animasi.tetapi sob masih banyak juga yang menggunakan grafik computer 2D . 

Animasi 2D dan 3D ini merupakan jenis animasi yang sudah terkenal. apa sih perbedaan animasi 2D dan 3D itu sob?. Perbedaan  dari kedua animasi tersebut adalah sobat dapat melihat dari sudut pandangnya. Jika animasi 2D ini memakai koordinat x dan y ,sedangkan pada animasi 3D sobat dapat menggunakan koordinat x,y dan z ,yang dapat mempermudah kita  dalam melihat sudut pandang objek yang lebih nyata/mirip.

Model 3D merupakan unsur-unsur atau karakter dalam grafis 3D. Ada proses yang penting dalam menyusun grafis 3D yang menugaskan  sesuai dengan nilai-nilai variabel  yang tepat  yang terdapat pada gerakan aliran grafis pada serangkaian frame dalam membuat animasi yang berurutan sesuai yang dikehendakinya.

Peta tekstur sangat penting untuk sobat dalam memanipulasi pola atau struktur dari model 3D.Dengan ini memungkinkan para desainer grafis dalam mengubah warna color permukaan terbersar di tingkat dasar pixel. Hal tersebut diperoleh untuk pemetaan terakhir yang menghasilkan gambar bitmap 3D model 3D yang ada di tempat

Jadi ! dalam keterampilan dasar apa saja sih yang diperlukan di dalam membuat desain dan skema karakter ?, Kalau sobat  terlibat dalam grafis 3D dan animasi proyek,penting bagi sobat memiliki keahlian untuk focus pada detil dan mempunyai kreatifitas dalam membuat desain dan skema karakter.

Dalam keterampilan dasar yang butuhkan dalam grafis 3D dan animasi proyek,penting bagi sobat memiliki kemampuan untuk focus paying,detil dan mempunyai kreatifitas dalam membuat desain dan skema karekter.

a. Animasi 2D (2 Dimensi)

Animasi 2D merupakan salah satu animasi yang akrab dengan kehidupan keseharian kita, yaitu pada film kartun.Film kartun ini berasal dari kata cartoon,yang artinya Gambar yang lucu.

Film DISNEY merupakan film yang banyak memproduksi film cartoon yang lucu misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit,dan masih banyak lagi,

Contoh lainnya yaitu Felix The Cat, si kucing hitam,film ini diciptakan oleh Otto Messmer di tahun 1919,umur si kucing tersebut sudah lumayan tua, Namun sayang, karena distribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-film tersebut.

b. Animasi 3D (3 Dimensi)

Animasi 3D ini merupakan pengembangan dari animasi sebelumnya yaitu animsi 2D. Dengan menggunakan animasi 3D ini karakter yang diperlihatkan akan terlihat lebih hidup dan nyata dan hampir mendekati wujud seperti manusia. 

Nah itulah sob pengertian dari animasi 2D dan animasi 3D. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua, dan dapat membangkitkan semangat kita dalam membuat animasi baik itu 2D dan 3D. Sampai jumpa….!

Dan selain artikel diatas sobat dapat mengunjungi artikel lainnya yang dapat menambah wawasan sobat semua !.
Artikel lainnya:


Demikianlah Artikel Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/01/pengertian-animasi-2-dimensi-dan-3.html

0 Response to "Pengertian Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi"

Posting Komentar