Cari Materi

Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya

Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya
link : Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya

Baca juga


Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya

Pengertian Animasi Stop Montion – Pernakah sobat mendengar animasi Stop motion ? Animasi ini merupakan salah satu teknik animasi dalam membuat objek yang dimanipulasi secara fisik supaya terlihat bergerak sendiri. 
Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya

Dari setiap pergerakanya objek akan di foto (frame individual). Dengan ini dapat menciptakan  ilusi gerakan yang dimainkan berurutan secara sambung-menyambung.Tanah liat dapat digunakan dalam stop montion dalam membuat tokoh/objek,untuk memudahkan dalam mereposisi. Gerakan animasi yang memakai tanah liat disebut dengan clay animation or clay-mation.

Umumnya animasi ini awalnya bukanlah video,melainkan kumpulan objek yang berurutan dan menjadi sebuah video.Stop motion ini juga kumpulan objek yang berurutan.Tetapi kumpulan gambar/objek yang diperoleh tersebut  tidak lah sehalus atau semudah pengerjaannya,yang menggunakan computer.Sebab dalam pengambilan gambarnya memerlukan pergerakan objek secara manual.Dan juga objek tersebut bukanlah benda hidup.

Stop motion animation juga disebut dengan Claymation,sebab di dalam perkembangannya animasi ini menggunakan clay(tanah liat) untuk objek pergerakkannya. STUART BLAKTON  merupakan orang yang pertama kali menemukan teknik stop-motion pada  tahun 1906.dengan menggambar ekspresi wajah tokoh kartun di papan tulis.yang kemudian diambil gambarnya dengan still camera,lalu dihapus dan menggambar ekspresi wajah selanjutnya.teknik ini juga sering dipakai dalam visual effect pada film2 di era 50-60-an hingga saat ini.

Perkembangan animasi stop-motion sejauh ini  di Indonesia tidak terlalu besar,dan sulit bagi animator yang mau berkarya di bidang ini,Salah satunya ialah tingkat kesulitan dan kesabaran yang tinggi,yang tidak semua orang memilikinya.



Sesuai dengan namanya aninasi stop-motion memiliki arti yaitu animasi yang terbentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti.Yang kemudian gerakan tersebut direkam dan menjadi frame-frame dan di susun pada sertiap gerakkannya sehingga menjadi sebuah aninmasi. Ada juga animasi stop motion bidang datar atau 2 dimensi dalam pembuatannya dapat menggunakan berbagai cara salah satunya menggunakan computer untuk menggambar, Kedua dapat juga menggambar langsung di kertas atau juga memakai media lainnya.

Perlu sobat perhatikan di dalam membuat animasi stop motion yaitu pada posisi kamera (webcam) dan pencahayaannya. Usahakanlah kamera tidak goyang pada saat melakukan  pengambilan objek atau juga pada saat melakukan perubahan gerak obyek animasi.Dan Webcam di pasang dengan penyangga yng kuat dan tegak  lurus dengan objek.

Storyboard sangatlah membantu dalam menentukan awal dan akhir gerakan,sehinga sobat dapat memperhitungkan durasi pada setiap hasil gerakan animasi dengan tepat yang sesuai dengan kecepatan frame yang direncanakan.

Atur focus pada webcame dengan teliti,usahakanlah pencahayaan yang tepat di atas objek,sesuaikan jaraknya sehingga dapat memperoleh hasil gambar dengan garis objek yang terlihat jelas .
Atur fokus dari webcam dengan teliti dan usahakan pencahayaan tepat berada di atas gambar dengan jarak yang disesuaikan sehingga dapat menghasilkan gambar dengan garis tepi obyek yang jelas terlihat.

Nah sob setelah kita mempelajari bagaimana cara kerja animasi,kita harus tahu juga apa itu frame ?.Frame merupakan satuan terkecil pada video,Frame ini diumpamakan sebagai kertas hfs yang telah digambar di program file

Teknik stop-motion terdiri dari dua kata yaitu,stop, berhenti dan motion, gerakan. Teknik ini juga memakai  prinsip frame to frame, seperti animasi 2 dimensi.

Semenjak diperkenalkannya teknik CGI (Computer Generated Imagery) pada dunia animasi tidak membuat stop-motion dijauhi oleh peminatnya.

Penggunaan Animasi Film


Penggunaanfilm animasi sendiri tidak hany untuk film-film untuk anak –anak saja sob !.Tetapi juga digunakan dalam berbagai bidang,Di sisi lain animasi juga menerangkan secara rinci tentang informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat.

Contoh Penggunaan Animasi Film:


A. Animasi Forensic 

Merupakan  animasi dibuat untuk menerangkan tentang terjadinya kecelakaan, berdasarkan saksi mata, data-dat hasil testing kendaraan.

B. Animasi Simulasi 

Merupakan animasi yang dipergunakan untuk  membantu menggambar proses terjadinya sesuatu hal atau apa saja yang akan dihadapi.

C. Animasi Untuk Arsitektur, 

Animasi ini  di pergunakan dalam bidang arsitektur akan membantu, misalnya dapat digunakan untuk menggambarkan struktur suatu gedung baik gedung bertingkat sejak awal perencanaan, proses pembangunan hingga selesai, dan tidak hanya pada gedung bertingkat saja.

D. Animasi Untuk Pendidikan, 

Animasi ini berguna untuk memperjelaskan tentang koordinasi gerak, dimana dalam satu gerakan badan diperlihatkan gerakan tulang-tulang serta sendi tertentu serta hubungannya dengan gerak otot, yang mana otot yang meregang serta otot mana yang melakukan gerakan menarik.

E. Animasi Untuk Hiburan dan Komersial, 

Nah pada animasi ini banyak film animasi yang dibuat tidak hanya untuk anak-anak sajaNamun bisa untuk masyarakat luas dimana dapat diciptakan karakter-karaker yang menarik, masing-masing mempunyai watak tersendiri seolah-olah demikianlah hidup ini, juga untuk menciptakan khayalan-khayalan untuk memperkuat visualisasi pada suatu adegan, dan seringkali digunakan juga dalam keperluan iklan di televise.

Nah itulah beberapa pengertian dari Animasi Stop-Motion,Semoga Bermanfaat untuk kita semua,dan dapat membangkitkan kreatifitas para Animator di Indonesia.Trima Kasih !
Dan selain artikel diatas sobat dapat mengunjungi artikel lainnya yang dapat menambah wawasan sobat semua !.

Artikel Lainnya :


Demikianlah Artikel Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/01/pengertian-animasi-stop-motion-beserta.html

0 Response to "Pengertian Animasi Stop Motion Beserta Contohnya"

Posting Komentar