Cari Materi

Pengertian dan Jenis-jenis Animasi

Pengertian dan Jenis-jenis Animasi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian dan Jenis-jenis Animasi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian dan Jenis-jenis Animasi
link : Pengertian dan Jenis-jenis Animasi

Baca juga


Pengertian dan Jenis-jenis Animasi

Pengertian Dan Jenis-Jenis Animasi - Semakin canggihnya  Teknologi semakin banyaknya  film-film animasi.Dan sekarang Admin akan meruraikan lebih jelas kepada sobat tentang animasi.

Pengertian Animasi

Animasi  berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang artinya  jiwa, hidup, semangat. Dan karakter ialah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang tertuang dalam bentuk gambar 2D ataupun 3D. Jadi animasi dapat diartikan sebagai  gambar yang seolah-olah hidup.Itu karna  kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan.Objek sendiri dapat berupa tulisan, benda, special effect dan warna.

Jenis-jenis animasi :

Apa saja sih jenis-jenis animasi ?, Animasi sekarang ini telah berkembang menjadi beberapa jenis animasi yaitu antara lain:

a. Animasi 2D (2 Dimensi

Dapat dibilang dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang berarti gambar yang lucu.Contohnya pada film: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby doo, dan lain-lain. 

b. Animasi 3D (3 Dimensi)

Animasi 3D, membuat karakter animasi yang di pertontonkan semakin hidup dan nyata, mirip dengan  wujud manusia aslinya

c. Stop_Motion Animation

Animasi yang dikenal dengan Claymation, sebab animasi ini memakai clay yaitu tanah liat sebagai objek yang di gerakkan. 

Stuart Blakton pada tahun 1906 merupakan tokoh yang pertama kali memperkenalkan teknik ini.Teknik sering menghasilkan visual effect pada film-film di era 50-60-an.

Teknik ini seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an. A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare  merupakan film Animasi Clay Pertama yang dirilis di bulan Februari 1908. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run..

Pada tahun 1897Animasi Clay (tanah liat)  menggunakan plasticin yang lentur seperti permen karet.Tokoh pada Animasi clay memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya.Kemudian kerangka tersebut ditutupi dengam plasficine sesuai yang ingin sobat buat.Bagiannya seperti kepala, tangan, kaki, yang dapat dilepas dan pasang lagi.jika semua tokoh sudah siap digunakan,lalu foto setip gerakan demi gerakan, yang kemudian foto-foto tadi digabungkan menjadi gambar yang bisa bergerak yang biasa sobat tonton di film.Animasi ini termasuk sulit untuk dihasilkan dan membutuhkan kos yang tinggi.

d. Animasi Jepang (Anime)

Ngomong-ngomong soal animasi jepang,Jepang-pun takkan kalah soal animasi dibandingkan dengan animasi buatan Eropa.Anime sebutan untuk jepang memiliki karakter yang berbeda dengan animasi Eropa.Jepang sudah banyak sekali memproduksi anime.Pada anime Jepang tidak  semua animasinya dibuat hanya untuk anak-anak saja, bahkan juga ada yang khusus untuk dewasa.

Berdasarkan Teknik Pembuatan

Berdasarkan teknik pembuatannya animasi dapat  dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu sebagai berikut : 

1.Animasi Cel


Animasi cel berasal dari kata “celluloid”,. Animasi cel adalah lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, dari masing-masing cel yang terpisah merupakan sebagai objek animasi.Dapat kita ambil contoh yaitu terdapat tiga animasi cel, cel yang pertama smempunyai satu animasi karakter. Yang kedua cel berisikan animasi karakter yang lain, dan animasi yang ketiga  berisi latar animasi. Kemudian semua cel disusun berjajar, sehingga pada saat animasi dijalankan secara bersamaan akan terlihat seperti satu kesatuan, contohnya pada jenis animasi ini ialah, seperti pada film Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.

2.Animasi Frame


Adalah animasi yang paling sederhana yang animasinya diperoleh dari serangkaian gambar yang ditunjukkan secara bergantian, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second).

3.Animasi Sprite

Animasi Sprite pada setiap objeknya bergerak dengan mandiri yang latar belakangnya diam,Objek animasi pada tiap-tiapnya disebut dengan “sprite”. Animasi Sprite ini tidakm sama dengan animasi lainnya karena pada animasi ini bergerak tidak dalam waktu yang tidak bersamaan,Dan pada fps-nya tidak sama, pengeditannya juga hanya dilakukan di setiap masing-masing objek srite.Contohnya animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering dipakai di dalam Macromedia Director.

4.Animasi Path

Merupakan animasi yang gerak objeknya mengikuti garis lintasan yang telah  ditentukan sebelumnya.Misalnya: animasi kereta  api yang mengikuti lintasan rel.

5.Animasi Spline

Pada animasi spline, animasi dari objek bergerak mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva tersebut di peroleh dari representasi perhitungan matematis,Hasil dari gerakan animasi ini lebih halus dari pada animasi path. Contoh jenis animasi ini ialah pada animasi kupu-kupu yang kecepatan terbangnya tidak tetap  dan lintasannya berubah-ubah.

6. Animasi Vektor

Animasi ini , animasi  mirip dengan animasi sprite, Bedanya ialah terletak pada gambar yang dipakai di dalam objek sprite-nya. Animasi sprite, memakai gambar bitmap, Jika animasi vektor memakai gambar vektor dalam objek sprite-nya. Penggunaan vektor ini juga dapat mengubah ukuran file animasi vektor menjadi lebih kecil dari pada dengan file animasi sprite.

7. Morphing

Morphing merupakan animasi yang mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang tercipta dengan gerakan halus dari bentuk pertama lalun mengubah dirinya menjadi bentuk yang lainnya. Dalam Macromedia Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening shape.

8. Animasi Clay

Animasi ini disebut  dengan  animasi doll (boneka). Padab proses pembuatan animasi ini  menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang kemudian digerakkan perlahan-lahan, lalu setiap gerakan boneka-bonekanya akan difoto secara teratur, Jika proses pemotretan sudah selesai, Kemudian rangkaian foto tersebut  dijalankan dengan kecepatan tertentu sampai menghasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh pada  penerapannya yaitu  pada film Chicken Run dari Dream Work Pictures..

9. Animasi Digital

Animasi digital merupakan menggabungkan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu oleh komputer. Gambar yang telah selesai dengan tangan lalu dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek-efek yang terdapat pada komputer, sehingga animasi yang kita peroleh akan lebih hidup tetapi  tetap pada katagori animasi 2 dimensi . Contoh animasi jenis ini adalah terdapat pada film Spirited Away dan Lion King.

10. Animasi Karakter

Dan yang Terakhir Animasi Karakter, Animasi ini biasanya terdapat pada film katun berbasis 3 dimensi,ada juga yang menyebutkan sebagai animasi 3D. Di setiap karakternya mempunyai ciri dan gerakan yang berbeda-beda tetapi pergerakkannya secara bersamaan.di dalam proses pembuatannya animasi ini sangat mengandalkan PC, hanya menggunakan Teknik Manual pada saat permulaan saja. yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang kemudian di-scan dengan menggunakan scanner biasa atau 3D Scanner.

Kemudian  proses selanjutnya pembuatan objek yang akan dilakukan pada  komputer yang memakai perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti pada Maya Unlimited, 3ds max dan lain-lain. Setelah selesai yang harus dilakukan yaitu editting video, dan penambahan spesial efek ,sulih suara yang memakai perangkat lunak terpisah. Ada juga yang menggunakan layar latarnya dengan Alam Nyata, Contohnya : Pada film Finding Nemo , Toy Story, Dan Moster Inc.

Oke sob itulah tadi pengertian dan jenis-jenis animasi yang dapat Admin sampaikan, Mohon Maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Dan untuk para animator Indonesia ,teruslah buat animasi yang lebih kece, dan menarik, tunjukkan bahwa Indonesia Bisa. Sekian dari Admin Trima Kasih…!
Dan selain artikel diatas sobat dapat mengunjungi artikel lainnya yang dapat menambah wawasan sobat semua !.

Artikel Lainnya :


Demikianlah Artikel Pengertian dan Jenis-jenis Animasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian dan Jenis-jenis Animasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Jenis-jenis Animasi dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/01/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi.html

0 Response to "Pengertian dan Jenis-jenis Animasi"

Posting Komentar