Cari Materi

Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter

Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter
link : Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter

Baca juga


Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter

Membuat sebuah film documenter tentunya harus berdasarkan kenyata’an/fakta, tetapi juga kita harus memasukan ide-ide pemikiran kita. Dalam membuat film documenter terdapat langkah-langkahnya, yaitu: Menentukan ide, menuliskan film statement, membuat treatment atau outline, mencatat shooting, editing script.
Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter

Berikut langkah-langkah dalam membuat film documenter:


1.Menentukan ide

Dalam membuat film documenter  harus memiliki ide-ide yang kreatif,  suatu ide ngk harus jauh-jauh dan ngk harus pusing, karna ide bisa timbul dimana saja bahkan bisa disekeliling kita, seperti di pinggir jalan, dan terkadang kita berfikir bahwa ide kita itu biasa saja padahal terkadang menjadi sebuah ide yang menarik dan baik diproduksi.jadi sekarang kita mulai untuk berpikir agar peka terhadap kejadian yang terjadi.

2.Menuliskan film statement

menuliskan film statement merupakan penulisan ide yang sudah didalam kertas untuk panduan saat proses pengambilan gambar. Jadi sebelum melakukan rekaman di haruskan menyelasaikan scenario filmnya serta memperbanyak referensi supaya agar film yang akan dibuat sudah dikuasai lebih mendalam.

3.Membuat treatment atau outline

Outline dalam bahasa teknisnya  disebut juga Scrip. Scrip ialah sebuah cerita reka’an atau karangan tentang sebuah film yang akan dibuat. Dalam memproduksi film Scrip merupakan gambaran keseluruhan sehingga pekerjaan kita menjadi terarah. Scrip ini memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Yang pertama, Scrip merupakan sebuah alat structural dan organizing yang bisa dibentuk menjadi referensi dan guide untuk setiap orng yang terlibat. Dengan adanya Scrip sobat bisa mengomunikasikan ide film sobat ke seluruh crew. Maka dari itu Scrip diharuskan jelas dan imajinatif.
  • Yang kedua, Scrip sangat penting bagi cameramen, dengan adanya Scrip cameramen dapat membacanya dan kemudian menagkap isi peristiwanya ataupun masalah teknisnya yang ada hubungan kerjanya seorang cameramen
  • Yang ketiga, Scrip dalam produksi juga harus menjadi dasar dalam kerja, dengan membaca scrip bisa diketahui semua kebutuhan yang dibutuhkan dalam memproduksi sebuah film.
  • Yang keempat, Scrip sebagai guide bagi editor, dengan adanya scrip kita bisa melihat struktur film yang akan dibuat.
  • Yang kelima, Scrip dapat mengetahui siapa yang akan diwawancarai dan dibutuhkan sebagai nara sumber.

Mencatat Shooting

Dalam mencatat shooting terdapat dua yang harus dicatat, antara lain:
Shooting List ialah catatan tentang perkiraan gambar apa saja yang ingin dibutuhkan dalam membuat film. Pada saat pengambilan gambar tidak perlu membuang sebuah pita kaset dengan gambar yang tidak berfungsi pada film.

Shooting Schedule ialah catatan untuk merencanakan lebuih awal pada jadwal shooting yang ingin dilakukan dalam membuat sebuah film.

5.Editing script

Editing scrip dapat dikatakan sebagai Pasca Produksi atau yang terjadi dimeja editor. Dalam mengedit terutama melakukan tiga hal, antara lain: membuat transkip wawancara, membuat loggin gambar, membuat editing scrip.

Nah itulah yang telah admin jelaskan kepada sobat tentang Membuat Film Dokumenter, buat sobat yang ingin mengetahui tentang CONTOH SKENARIO FILM DOKUMENTER, sobat dapat mengkliknya

Terimakasih telah membaca artikel Admin, semoga bermanfa’at.

Selamat Belajar……


Demikianlah Artikel Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/02/langkah-langkah-mudah-dalam-pembuatan.html

0 Response to "Langkah-langkah Mudah Dalam Pembuatan Film Dokumenter"

Posting Komentar