Cari Materi

6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer

6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul 6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, Artikel Multimedia Kelas X, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : 6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer
link : 6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer

Baca juga


6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer

Dua atau lebih komputer dapat dihubungkan satu sama sumber data lain dan berbeda untuk perangkat jaringan yang menjembatani komputer kedua. peralatan jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk mencapai fungsi jaringan komputer itu sendiri, seperti berbagi sumber daya, komunikasi dan lain-lain.

Anda sudah tahu apa perangkat pada jaringan komputer? Mempertimbangkan jenis perangkat jaringan komputer di bawah ini:

1. Router

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke yang lain. Dengan menggunakan router, Anda dapat menghubungkan dua jaringan yang berbeda, contoh dapat terhubung ke jaringan 192.168.2.0/24 200.200.200.0/24.

Sebuah sekilas tentang bagaimana router ini mungkin mirip dengan jembatan, yang paket data sama maju, membagi jaringan ke segmen jaringan beberapa atau persimpangan segmen, hanya router yang berada di lapisan ketiga model OSI.

2. Kartu Jaringan Nirkabel

kartu nirkabel adalah perangkat jaringan yang dapat menghubungkan dua perangkat secara nirkabel atau tanpa menggunakan media kabel. Dengan menggunakan kartu wireless, dua atau lebih komputer dapat saling berhubungan melalui jaringan Wi-Fi, tanpa harus menggunakan kabel jaringan.

Saat ini kebanyakan laptop dilengkapi dengan kartu nirkabel di dalamnya, sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah, dibandingkan dengan komputer pertama kita harus membelinya secara terpisah.

3. Kartu Jaringan LAN

Seperti dengan perangkat jaringan lainnya, LAN card berfungisi juga menghubungkan dua atau lebih komputer menggunakan media kabel. Perangkat ini banyak digunakan dalam jaringan LAN.

kartu jaringan LAN juga bertanggung jawab untuk mengubah cara aliran data paralel dalam bentuk serial, sehingga dapat ditransmisikan melalui media jaringan, seperti UTP.

4. Modem

modem modulator atau demodulator sering disingkat adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sebaliknya.

Data yang diberikan ke modem komputer ke sinyak digital umumnya. Oleh karena itu, ketika modem untuk mendapatkan data dalam bentuk sinyal analog, modem harus pertama beralih ke sinyal digital yang dapat diproses lebih lanjut oleh komputer.

5. Bridge

Bridge adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk memperluas jaringan, pada saat yang sama menciptakan segmen jaringan.

Pengoperasian jembatan adalah untuk mengidentifikasi informasi alamat MAC ditransmisikan ke jaringan, jembatan secara otomatis dibuat tabel internal, di mana tabel ini dapat menentukan segmen yang akan dikirim dan bocor.

6. Hub

Hub adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengkonversi jaringan transmisi sinyal, di mana hal ini bertujuan agar dua atau lebih komputer dapat dihubungkan.

Hub tidak dapat mengatur aliran jalur data, sehingga setiap paket data yang melewati kubus akan dibroadcast ke semua port sampai paket data ke tujuan mereka. Hal ini menyebabkan kecelakaan atau tabrakan paket data yang dikirim.

7. Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi yang sama sebagai pusat, tetapi perangkat ini 'pintar' dari hub karena dapat mengatasi masalah tabrakan data. Tidak hanya itu, switch juga memiliki beberapa keunggulan seperti kecepatan transfer data dan jaringan luas yang jauh lebih baik dari hub.

Selain itu, switch digunakan tidak hanya untuk membagi sinyal, tetapi juga untuk menyaring data dan kemudian mengirimkannya ke jaringan tujuan.

8. Kabel Jaringan


Kabel jaringan adalah media transmisi berbentuk kabel digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer untuk pertukaran data.

Ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan, seperti UTP, STP, dan Fiber Optik coxial. Biasanya, jenis kabel yang digunakan tergantung pada jenis topologi jaringan yang digunakan.
 

9. Repeater

Repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk memperluas jangkauan sinyal nirkabel dari server untuk menghubungkan perangkat lain.

Cara Kerja dari repeater itu sendiri menerima sinyal dari server, kemudian ditransmisikan kembali ke yang lebih luas dan lebih kuat, denagn kata lain sinyal lemah dapat menjadi output lagi dalam lebih kuat dan komprehensif.

10. Access Point

Ini antena jalur akses dan transceiver terdiri digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal client atau sebaliknya. Dengan AP, kita dapat terhubung dengan wireless LAN.

Dengan kata lain, jalur akses ini digunakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan, yaitu antara jaringan nirkabel dan LAN.

Mengingat jumlah perangkat jaringan seperti yang disebutkan di atas, dua atau lebih komputer ini dapat terhubung satu sama lain dan pertukaran data. juga mempertimbangkan jenis topologi jaringan, untuk mengetahui beberapa struktur atau konsep sebelum membangun jaringan.


Demikianlah Artikel 6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul 6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel 6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/6-perangkat-untuk-membuat-jaringan.html

0 Response to "6 Perangkat untuk Membuat Jaringan Komputer"

Posting Komentar