Cari Materi

7 Elemen Desain Grafis

7 Elemen Desain Grafis - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul 7 Elemen Desain Grafis untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : 7 Elemen Desain Grafis
link : 7 Elemen Desain Grafis

Baca juga


7 Elemen Desain Grafis

1. GARIS

garis merupakan elemen yang paling dasar yang harus dipahami para desainer dalam mendesain gambar. Para sahabat mungkin sudah tahu ya, Apa fungsi dari sebuah garis,? Yang mana fungsi dari garis itu sendiri adalah untuk memisahkan ruang dan meletakkan desain pada lokasi yang kita inginkan.
Berikut sahabat gambaran garis yang admin siapkan buat anda semua:

2. WARNA

Warna merupakan elemen dari sebuah desain yang paling terlihat. Untuk itu dalam mendesain suatu gambar warna harus benar-benar diperhatikan. Fungsi dari warna itu sendiri kalau sahabat tahu adalah untuk membuat criteria dari gambar tersebut agar dapat menceritakan isi dari desain yang sahabat akan buat.

3. SHAPE

atau biasa kita sebut sbagai Bentuk dari sebuah desain,yang mana bentuk-bentuk itu sendiri harus benar-benar kita perhatikan dalam pembuatannya. Contohnya Sebelum membuat sebuah Shape sahabat harus fikirkan dan bayangkan terlebih dahulu bentuknya, mau bikin bentuk kotak ya harus bener-bener kotak jangan sampek elemen garis dalam pembuatan bentuk kotak tersebut mlencang-mlenceng.  Berikut contoh dari bentuk/shape:

4. SKALA

Bermain-main dengan skala dan ukuran objek, shape, tipe dan elemen lain memberikan nuansa pada desain. Bayangkan betapa membosankannya sebuah desain dari elemen-elemen yang berukuran sama.

5. HARMONI

Tujuan utama dari sebuah mendesain gambar adalah keharmonian. Menurut admin harmoni itu sendiri merupakan sebuah perasaan yang didapatkan dari desain yang kita buat,. Entah itu bagus atau jelek yang namanya bentuk pasti mempunyai sebuah harmoni. membuat Harmoni yang baik itu tidaklah semudah yang kita bayangkan, pastikan kedetailan dalam pembuatan bentuknya benar-benar diperhatikan, dan tidak berlebihan.

6. TIPOGRAFI

Yahhhh sperti yang kita ketahui semua, bahwa sebuah desain itu harus mempunyai pesan didalamnya. Untuk itu hal yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah pesan dari desain adalah pemilihan Warna, tekstur dan peilihan huruf. Dalam membuat kata-kata selain dengan kata-kata yang jelas (dapat dimengerti semua orang) harus diperhatikan juga bentuk hurus dari kata-kata tersebut. Usahakan kata-kata itu mencerminkan sebuah desain yang kita buat. Berikut Contoh dari tipokgrafi;

7. SPACE

Selain para sahabat harus perhatikan 6 elemen yang ada diatas, elemen space harus juga diperhatikan, gunanya untuk menampilkan visual secara utuh dalam mendesain sebuah objek.  Space yang admin maksut disini adalah area kosong yang terdapat pada sebuah desain.



Demikianlah Artikel 7 Elemen Desain Grafis dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul 7 Elemen Desain Grafis, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel 7 Elemen Desain Grafis dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/7-elemen-desain-grafis.html

0 Response to "7 Elemen Desain Grafis"

Posting Komentar