Cari Materi

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jenis-jenis Jaringan Komputer - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Jenis-jenis Jaringan Komputer untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Jaringan Komputer, Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Jenis-jenis Jaringan Komputer
link : Jenis-jenis Jaringan Komputer

Baca juga


Jenis-jenis Jaringan Komputer

Berdasarkan jarak dan jaringan komputer area kerja dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
 
Inilah Pembahasan Jenis2 Jaringan Komputer

Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), sebuah jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk menggunakan sumber daya bersama (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data, LAN dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu:

a. PC Jaringan Kecepatan Rendah

Kecepatan transmisi data pada Low Speed Jaringan PC kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk komputer pribadi. Contoh dari jenis ini adalah Omninet oleh Corvus Systems (bus network), Constalation oleh Corvus Systems (jaringan bintang), Apple berbicara oleh Apple Corporation.

b. Kecepatan Jaringan media

Kecepatan transmisi data pada Medium Kecepatan Jaringan berkisar antara 1-20 Mbps dan bias diterapkan untuk komputer mini. Contoh dari jenis ini adalah Ethernet oleh Xerox, ARC Net oleh Datapoint Corporation, Wangnet oleh Wang Laboratories.

c. Kecepatan tinggi Jaringan

transmisi data hig-speed pada Kecepatan Jaringan lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk komputer mainframe. Contoh jenis ini adalah Jaringan longgar Ditambah oleh Control Data Corporation, Hyper Saluran oleh Jaringan Systems Corporation.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), kisaran mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin ditujukan untuk menjalankan program (aplikasi) pengguna.


Demikianlah Artikel Jenis-jenis Jaringan Komputer dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Jenis-jenis Jaringan Komputer, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Jenis-jenis Jaringan Komputer dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/jenis-jenis-jaringan-komputer.html

0 Response to "Jenis-jenis Jaringan Komputer"

Posting Komentar