Cari Materi

Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, Artikel Multimedia Kelas X, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer
link : Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer

Baca juga


Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer
Contoh Gambar Kabel

1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial ialah salah satu jenis kabel yang mempunyai dua penghantar yang mana salah satu penghantarnya terletak di tengah kabel serta dikeliling oleh penghantar yang lain melalui pola melingkar. Coaxial bekerja  dengan cara yaitu menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. sekarang kabel jenis Coaxial udah mulai tidak di gunakan sebab port untuk konektor BNC yang di gunakan udah jarang di dapati di perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. 

untuk melakukan instalasi jaringan menggunakan kabel coaxial harus mempunyai keahlian khusus sebab itu sangat sulit terutama untuk membuat ataupun memasang konektor. kabel ini biasanya digunakan untuk topologi bus. INstallasi CCTV biasanya juga memakai kabel coaxial. 

Kabel coaxial mempunyai beberapa bagian ialah sebagai berikut :
  • Isolator luar  atau outer jacket yaitu bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel.
  • Pelindung atau disebut juga grounding (barided copper shielding) ialah serabut kabel terpilin bersilang yang berguna buat mengantisipasi frekuensi listrik yang tidak diinginkan dan tidak terduga. 
  • Isolator dalam (plastic insulation) yaitu adalah kulit pelapis kabel konduktor. 
  • Konduktor (copper cunductor) yaitu merupakan inti kabel tunggal atau biasa di kenal dengan serabut yang berfungsi sebagai medium transmisi data.

2. Kabel Twisted Pair

Kabel jaringan jenis twisted pair ini adalah kabel yang memiliki kabel di bagian dalam yang saling berpasangan. Cara kerja twisted pair ini juga tidak jauh beda dengan kabel coaxial, kabel jaringan jenis twisted pair yang cara kerjanya dengan menghantarkan arus atau pun sinyal yang ada dari sumber ke tujuan dan di sini kabel jaringan twisted pair telah terbagi menjadi dua ialah STP (Shielded Twisted Pair) dan satu lagi adalah UTP (Unshielded Twisted Pair). 

Ada yang tau gak si perbedaannya?? Kabel STP merupakan salah satu jenis kabel yang punya selubung pembungkus yang terbuat dari bahan tembaga atau bisa juga alumunium foil yang khusus di bentuk buat meminimalis terjadinya gangguan elektrik, sedangkan kabel berjenis UTP ialah kabel jaringan yang terdiri dari empat pasang kabel terpilin yang sama dengan kabel telepon akan tetapi Kabel UTP lebih cocok untuk installasi jaringan LAN.
Kabel twisted pair itu sendiri tidak lebih jauh dari 100 meter dan kecepatannya pun berbeda-beda setiap jenisnya mulai dari 10 MG/detik sampai dengan 10000 MG/detik atau 10 GB/detik.

3. Kabel Fiber Optik

Tau gak sih?? ternyata kakel fiber optik ini sangat berbeda tidak seperti dua kabel sebelumnya yang sudah kita bahas yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. Jika kabel coaxial dan twisted pair tadi menggunakan tembaga atau pun alumunium foil tidak halnya dengan kabel fiber optic, kabel jaringan ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. 

Karena kabel fiber optik terbuat dari kaca, jadi sinyal yang dikirim oleh FO ini hanya berupa cahaya dari sumber ke tujuan. So, tidak heran apabila kabel jaringan jenis ini jauh lebih cepat dari pada kabel coaxial dan twisted pair, Kabel Jenis kabel fiber optik biasanya untuk tipe jaringan yang besar tapi kelemahan dari fiber optik ini adalah gangguan (noise) yang sering terjadi jika tertekuk meskipun cuma sedikit. kabel fiber optik mempunyai beberapa bagian, berikut uraiannya :
  • Cable jacket yang biasa di kenal dengan sebutan pelindung kabel, udah dapat membayangkan bukan? namanya aja pelindung kabel berarti fungsinya buat melindungi  seluruh bagian kabel sebagai pembungkus luar kabel.
  • Pelindung fiber (strengthening fibers) berguna buat menjaga serta melindungi kabel dari benturan keras. 
  • Lapisan plastik atau coating fungsinya guna menjaga kabel agar tidak tertekuk. 
  • Lapisan tipis (cladding) gunanya sebagai pembatas yang memuat gelombang cahaya sehingga data bisa ditransmisikan. 
  • Fisik medium utama (core) berfungsi sebagai medium transmisi data.


Demikianlah Artikel Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/jenis-jenis-kabel-yang-digunakan-pada.html

0 Response to "Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar