Cari Materi

Materi : Keamanan Jaringan Komputer

Materi : Keamanan Jaringan Komputer - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Keamanan Jaringan Komputer untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, Artikel Multimedia Kelas X, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Keamanan Jaringan Komputer
link : Materi : Keamanan Jaringan Komputer

Baca juga


Materi : Keamanan Jaringan Komputer

Keamanan jaringan (Inggris: Network Security) dalam jaringan komputer adalah penting untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak valid. Tugas keamanan jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.
Image result for jaringan komputer keamanan
sumber :http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/wp-content/uploads/2009/04/firewall-manajemen.jpg

aspek keamanan didefinisikan dari titik kelima ini.

  1. Mensyaratkan bahwa kerahasiaan informasi (data) hanya bisa diakses oleh mereka yang memiliki otoritas.
  2. Integritas Membutuhkan bahwa informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki otoritas.
  3. Mensyaratkan bahwa ketersediaan informasi yang tersedia kepada pihak-pihak yang memiliki otoritas bila diperlukan.
  4. Otentikasi Membutuhkan bahwa pengirim informasi dapat diidentifikasi dengan benar dan tidak ada jaminan bahwa identitas yang didapat tidak palsu.
  5. Nonrepudiation Membutuhkan bahwa baik pengirim dan penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan penerimaan pesan.

Attack (gangguan) untuk keamanan dapat dikategorikan ke dalam empat kategori utama:

  1. Gangguan Aset dari sistem menyerang sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak dapat digunakan oleh pihak berwenang. Contohnya adalah perusakan / modifikasi perangkat keras atau jaringan saluran.
  2. Intersepsi Orang yang tidak sah untuk mendapatkan akses ke aset. Para pihak yang bersangkutan dapat menjadi orang, program, atau sistem lain. Contohnya adalah penyadapan data dalam jaringan.
  3. Modifikasi Orang yang tidak sah dapat melakukan perubahan aset. Contohnya adalah perubahan nilai file data, memodifikasi program sehingga tidak beres, dan modifikasi dari pesan yang ditransmisikan dalam jaringan.
  4. Fabrikasi Orang yang tidak sah menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contoh mengirim pesan palsu kepada orang lain.

Ada beberapa prinsip yang perlu dihindari dalam menangani masalah keamanan: diam dan semua akan menyembunyikan baik-baik saja dan mereka tidak akan dapat menemukan Anda teknologi yang digunakan kompleks / rumit, artinya aman.

Dan apa adalah administrator jaringan? Apa tugas?

Jaringan komputer Administrator adalah jenis pekerjaan yang dibutuhkan pada saat ini, terutama di perusahaan / instansi yang telah menerapkan teknologi komputer dan internet untuk mendukung pekerjaan.

Penggunaan sistem jaringan komputer dalam skala kecil dan lebar akan memerlukan pengaturan mulai dari tingkat fisik dan non-fisik. Pengaturan ini melibatkan mengendalikan proses. Ada beberapa definisi administrasi jaringan meliputi:

  1. mengendalikan strategis (aset)
  2. mengendalikan complekxity Layanan
  3. membaik
  4. menyeimbangkan berbagai kebutuhan
  5. mengurangi downtime
  6. biaya pengendalian
Pada dasarnya, seorang administrator jaringan yang bertugas mengelola dan memelihara semua sumber daya pada sistem jaringan sehingga kinerja jaringan yang lebih efektif dan efisien dilihat dari fungsi, struktur dan keamanan jaringan itu sendiri.

Sebelum berbicara tugas dan tanggung jawab sebagai berikut hal-hal umum yang harus dikuasai seorang administrator jaringan;
pengetahuan dasar tentang teori komputer dan praktek, sangat penting karena tidak mungkin
menjadi administrator jaringan komputer, tetapi cara kerja sistem komputer itu sendiri tidak dikontrol dengan baik.

Pengetahuan tentang hardware jaringan komputer seperti; repeater, hub, switch, router, antena, kabel dan berbagai perangkat pendukung lainnya, termasuk memahami bagaimana bekerja, instalasi dan konfigurasi.
 

Pemahaman routing

Pemahaman tentang teori dan routing konfigurasi harus dikuasai dengan baik agar mampu membangun jaringan dengan baik sangat diperlukan terutama jika komputer atau sub-organisasi perusahaan sangat banyak.

Pengetahuan tentang sistem keamanan komputer, khususnya jaringan (keamanan jaringan) yang akan sangat membantu dan memberikan nilai lebih.
Selain kemampuan teori dan praktek yang harus dikuasai dengan baik hal lain adalah memiliki etika profesional, tidak ada etika dan sikap profesional yang baik maka semua kemampuan teoritis dan praktis dikendalikan tidak akan berarti banyak.
 

Fungsi dan Tugas Administrator Jaringan


Ada beberapa fungsi dan administrator, tetapi secara umum dapat dinyatakan dari irisan antara jaringan, hardware, dan aplikasi. Tugas administrator jaringan adalah:

manajemen keamanan pekerjaan difokuskan mencakup jaringan masalah administrator keamanan adalah sebagai berikut:

Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang memungkinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melalui dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melalui dan mencegah lalu lintas yang dianggap tidak aman.

Username: nama pengguna akan digunakan sebagai log-in password kontrol informasi: kontrol password yang dimiliki oleh sistem.
Akses sumber daya: admin jaringan dapat membatasi penggunaan sumber daya sesuai dengan izin yang diberikan.


Demikianlah Artikel Materi : Keamanan Jaringan Komputer dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Keamanan Jaringan Komputer, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Keamanan Jaringan Komputer dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/materi-keamanan-jaringan-komputer.html

0 Response to "Materi : Keamanan Jaringan Komputer"

Posting Komentar