Cari Materi

Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik

Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Info Guru, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik
link : Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik

Baca juga


Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik

Mengidentifikasi Unsur-Unsur Konseptual Nirmana : Elemen Titik

Secara arti kata nirmana dapat diartikan sebagai tidak ada wujud atau tidak ada rupa, hal ini dimaksudkan bahwa nirmana dari semula yang tidak ada / tidak ada rupa kemudian berwujud media rupa untuk memperoleh keindahan. Nirmana dikatakan pula sebagai ilmu keindahan.

Pada unsur konseptual nirmana terdiri dari elemen titik,  elemen garis,elemen bidang, elemen gempal.


1. Titik

Elemen  titik  adalah  suatu  bentuk  kecil  yang  tidak  mempunyai 

dimensi.  Dari  sebuah  titik  dapat  dikembangkan  menjadi  garis  atau bidang. Pada gambar dalam bidang gambar akan berawal dari sebuah titik dan berhenti pada sebuah titik.
Secara umum bentuk diartikan titik karena ukurannya yang kecil.Namun  pengertian kecil  itu  sesungguhnya  nisbi  /  bersifat  relatif tergantung dibandingkan dengan apa dan ukuran seberapa besar.
Nirmana Elemen Titik
Titik Yang Bersifat Relatif Terhadap Ukuran Bidang

Ciri khas dari elemen titik adalah ukurannya yang kecil dan rautnya sederhana. Karya seni dapat dihasilkan dengan teknik titik-titik. Dalam mengatur titik pada suatu bidang, Saudara bebas menentukan jumlah titik dan alat penyentuh. Tujuan yang diharapkan adalah efek dari percampuran titik-titik tersebut yang akan menghasilkan warna tertentu.


2.  Raut titik

Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah. Titik dapat juga beraut bujur sangkar , segitiga dan lain sebagainya.
Nirmana Elemen Titik
Raut titik

Raut titik tergantung alat penyentuh yang digunakan, atau tergantung bentuk benda yang dibayangkan sebagai titik.



Demikianlah Artikel Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/mengidentifikasi-nirmana-elemen-titik.html

0 Response to "Mengidentifikasi Nirmana Elemen Titik"

Posting Komentar