Cari Materi

Pengertian dan Ciri-ciri Vektor

Pengertian dan Ciri-ciri Vektor - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian dan Ciri-ciri Vektor untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, Artikel Multimedia Kelas X, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian dan Ciri-ciri Vektor
link : Pengertian dan Ciri-ciri Vektor

Baca juga


Pengertian dan Ciri-ciri Vektor

Pengertian dan Ciri ciri Citra Vektor Atau Pengolah Gambar Vektor

Image result for Pengertian dan Ciri ciri Citra Vektor Atau Pengolah Gambar Vektor



sumber : 
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTfGkjL1eoxFDBTx-yWQJe2f6YlSTJwyaC0IlgYkQWUJ_cBHwa9Zg

Pengertian Citra Vektor

Citra vektor/gambar vektor merupakan gambar digitalyang berdasarkan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil.

Citra vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.

Citra vektor merepresentasikan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, melaikan dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis. Persamaan matematis tersebut disebut dengan vektor. Sebagai contoh menggambar segitiga maka didefinisikan persamaan matematis dari segitiga sehingga membentuk garis pembatas segitiga didalam garis pembatas tersebut diberi warna sehingga terbentuklah bidang segitiga.

Beberapa format file citra vektor di antaranya: svg, eps, wmf , cdr dan lain sebagainya. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Citra vektor dapat diperbesar atau diperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.

Citra vektor merupakan jenis gambar yang paling tepat untuk mengolah/membuat gambar logo atau setting percetakan hal ini dikarenakan citra vektor tidak akan pecah saat diperbesar sampai ukuran berapapun.

Ciri – Ciri Citra Vektor

Citra Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik yang dibuat dalam persamaan matematika menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek.

Adapun ciri – ciri dari citra vektor adalah sebagai berikut :
  • Citra vektor terdiri susun dari persamaan matematika
  • Grafik dengan type Vektor merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva.
  • Citra vektor tidak terlihat pecah saat diperbesar
  • Kualitas hasil gambar dari type vektor tidak tergantung pada resolusi gambar.
  • Ukuran file gambar relatif kecil
  • Dalam penyimpanan file, type Vektor hanya memerlukan ruang penyimpan yang relative kecil
  • Ukuran file gambar tidak tergantung pada resolusi komputer
  • Teknik pewarnaan gradasi membutuhkankemampuan yang lebih agar menghasilkan gambar yang realistis.



Demikianlah Artikel Pengertian dan Ciri-ciri Vektor dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian dan Ciri-ciri Vektor, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Ciri-ciri Vektor dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/pengertian-dan-ciri-ciri-vektor.html

0 Response to "Pengertian dan Ciri-ciri Vektor"

Posting Komentar