Cari Materi

Pengertian Storyboard dan Skenario

Pengertian Storyboard dan Skenario - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian Storyboard dan Skenario untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian Storyboard dan Skenario
link : Pengertian Storyboard dan Skenario

Baca juga


Pengertian Storyboard dan Skenario

Pengertian Storyboard
Pengertian Storyboard dan Skenario

Storyboard merupakan suatu sketsa yang yang menggambarkan suatu urutan ( alur cerita ) yang di buat dalam bentuk persegi panjang dengan elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia. Storyboard juga di gunakan untuk menggabungkan beberapa alat bantu pada narasi dan visual  yang menjadi terkordinasi pada selembar kertas.

Storyboard juga dapat di artikan sebagai urutan dari gambaran yang akan tejadi dan berupa kumpulan gambar dalam sketsa sederhana yang di gunakan sebagai alat perencanaan.

Pasti anda bertanya-tanya ya sob, mengapa Storyboard sangat di perlukan?? Storyboard di sini berperan sebagai gambaran dasar dari sebuah pruduk yang akan kita bangun berikutnya.  Storyboard merupakan kumpulan dari rangkaian-rangkaian kertas yang berisi kejadian dalam sebuah produksi sebuah film.

Kerangka ini akan menjadi dasar bagi penulis skenario dan sutradara tentang bagaimana film itu seharusnya untuk berjalan. Aplikasi multimedia interaktif begitu pula dalam halnya untuk kita baangun berikutnya.

Apakah anda tau sob. Bahwa biasanya pembuatan multimedia interaktif dalam pembuatan sebuah tim memiliki beberapa orang pakar  yang  akan bertugas.
Seseorang yang yang pakar atau ahli yang dapat memahami materi pembelajaran dan salah seorang lagi yang pakar dalam bidang cooding program tu biasa di sebut dengan pengkomplikasi materi pembelajaran, MMI biasanya menjadi media aplikasi multimedia sebagai pembelajaran.

Forma storyboard yang di harapkan menjadi sebuah hal yang dibangun dan bisa di baca dengan mudah baik dibaca oleh si pembuat storyboard atau pun orang-orang yang akan taarlibat dalam proses produksi di film ini dan bisa mengerti alur atau urutan yang akan terjadi selanjutnya atau pun kejadian yang sudah dimaksudkan oleh storyboard tersebut.

Disini saya akan menjelaskan secara rinci tentang storyboard yang  dalam pembuatan multimedia interaktif  atau yang diperlukan agar dapat digunakan .
  1. Kita disini memahami alur cerita atau alur gambar yang kita buat secara sistematik sehingga anda tidak akan melewatkan hal kecil  yang kemungkinannya berada di bagian-bagian yang sangat penting.
  2. Kita juga tidak boleh melupakan alur gambar atau cerita yang sudah direncanakan dari awal ( pengingat atau pedoman)  ini di lakukan pada saat proses pengambilan ggambar atau video maupun proses editing atau video yang telah di ambil yang sedang berlangsung.
  3. Teks tersebut harus mudah untuk dibaca secara visual.
  4. Di haruskan  dapat meliliki rekaman yang akan di ambil dengan sesuai kebutuhan kita ya sob, dan sehingga kita tidak akan mengalami pemborosan bahan baku dari shooting (sketsa).
Seharusnya, pada umumnya itu untuk penulisan storyboard dan storyline akan sering menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dan akan terdiri dari beberapa adegan yang sudah tersusun.

Pengertian Skenario


Sekenario merupakan bagian dari adegan layar (screenplay) atau naskah  film yang telah di cetak biru yang biasanya kita tulis untuk film atau acara telivisi ya sob.

Dalam formatnya biasanya disusun atas sedemikian rupa sehingga dalam satu dalam 1 halaman saja  bisa menghabiskan waktu sekitar 1 menit.ada beberapa program komputer yang di buat khusus untuk membuat skenario ya sob, seperti Celtx, DreamaScript, Final Draft, Movie Outline 3.0,FiveSprockets, Montage.

Adaa beberapa komponen-komponen utama yang terdapat pada skenario yaitu yang terdiri dari aksi dan dialog. Dalam bahasa ingris biasanya skenario di sebut dengan “Teleplay”.
Naskah film ini merupakan salah satu karya sastra yang memiliki struktur yang sama dengan drama. Dalam sebuah naskah film ini tidak perlu banyak memerlukan  untuk pertolongan seperti drama, karena hasilnya nanti itu sendiri dapat divisualisasikan.

Kesimpulan
“dalam skenario dan storyboard memiliki perbedaan yang Sangat pesat, walaupun bentuk dari keduannya sangatlah mirip. Maka dari itu setiap sesuatu hal yang sama sekalipun pasti akan memiliki perbedaan walau hanya sedikit”. 

Ya sob, kalian bisa mendapatkan penjelasan materi selanjutnya di contoh storyboard Dan somoga materi yang sudah saya sampaikan ini bisa menjadi alat untuk membedakan dari keduannya ya sob.

Hanya inilah materi yang bisa saya sampaikan Terima Kasih.


Demikianlah Artikel Pengertian Storyboard dan Skenario dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian Storyboard dan Skenario, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Storyboard dan Skenario dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/pengertian-storyboard-dan-skenario.html

0 Response to "Pengertian Storyboard dan Skenario"

Posting Komentar