Cari Materi

Prinsip Seni Grafis Dalam Desain

Prinsip Seni Grafis Dalam Desain - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Prinsip Seni Grafis Dalam Desain untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Prinsip Seni Grafis Dalam Desain
link : Prinsip Seni Grafis Dalam Desain

Baca juga


Prinsip Seni Grafis Dalam Desain

Prinsip Seni Grafis


Prinsip Seni Grafis Dalam Desain

Berikut Prinsip-Prinsip Seni Grafisnya:

1. Kesatuan.

Prinsip ini adalah Salah satu prinsip yang digunakan untuk menggabungkan unsur-unsur visual yang disusun melalui sebuah konsep dari ide sang pencipta didalam sebuah mendesain sehingga mmenjadi suatu bentuk media gambar atau grafis. Selain itu Kesatuan juga dapat diartikan sebagai salah satu Prinsip yang mendasari tata rupa sebuah desain. 

Sebuah karya apabila tidak ada unsur kesatuannya akan membuat hasil dari karya tersebut terlihat acak-acakan sehingga menyebabkan karya tidak enak dilihat atau dipandang. 

Sebenarnya sebuah Prinsip kesatuan itu sama dengan Prinsip Hubungan. Apabila beberapa unsur karya rupa (warna, arah, raut dan lain-lain) memiliki hubungan, maka sebuah kesatuan sudah dapat dinyatakan terwujud. 

2. Keseimbangan atau Keteraturan

Prinsip ini dapat diartian sebagai Sebuah unsur-unsur visual yang ditata secara teratur sehingga membuat unsur-unsur tersebut menjadi satu bentuk media gambar atau grafis. Fungsi dari tertatanya unsur-unsur visual ini adalah membuat sebuah karya menjadi enak dipandang dalam arti kesan pandang yang dihasilkannya terlihat bulat dan optimal.

Tujuan sebuah Desain agar mempunyai Prinsip Keseimbangan adalah, supaya Karya Seni atau Desain tersebut terlihat enak dipandang dan tidak membuat kekhawatiran. Semisal apabila sobat melihat sebuah pohon yang besat didekat rumah sobat akan tumbang, pastinya sobat merasa bahwa sobat tidak nyaman dan merasakan khawatir kan?.

Didalam sebuah seni, keseimbangan itu tidak bisa diperkirakan tetapi keadaanya dapat dirasakan, seperti suatu keadaan dalam sebuah karya yang tidak saling membebani atau balance.

3. Keragaman.

Keragaman merupakan unsur-unsur karya yang disusun dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat lebih bermakna dan tidak membosankan. Obyek yang akan ditampilkan akan saling terhubung sehingga dapat menimbulkan kesan menguntungkan.

4. Komunikatif

Prinsip ini harus sangat sobat perhatikan apabila sobat ingin membuat sebuh karya seni. Karena jika sebuah krrya seni kurang bahkan tidak komunikatif, berarti sebuah karya seni tersebut tidak berhasil atau tidak dapat dikatakan sebuah karya seni. Tujuan dari sebuah Prinsip Komunikatif ini adalah unruk menyampaikan pesan dari sebuah karya seni kepada para penikmat seni, dan supaya sebuah pesan tersebut tersampaikan, maka sobat harus memperhatikan segmen-segmen yang dibidik sebagai sasaran.

5. Proporsi (Perbandingan)

Prinsip ini merupakan Prinsip dasar tata rupa yang berfungsi untuk menghasilkan sebuah Keserasian. Supaya Menghasilkan sebuah keserasian didalam sebuah Karya diperlukan Perbandingan-perbandingan yang tepat. Pada dasarnya Proporsi merupakan sebuah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. 

Sebuah Proporsi yang paling popular sampai saat ini adalah Proporsi Agung (The Golden Mean). Proporsi agung ini memakai Deret Bilangan Fibinacci yang memiliki perbandingan 1:1 yang sering dipakai juga dalam 8:13. Pada sebuah karya desain, prinsip proporsi bisa sobat lihat pada perbandingan antara ukran kertas dan layout Page.

Dengan  mempelajari sebuah Nirmana, diharapkan nantinya sobat akan mempunyai Pengetahuan, dapat mengasah kemampuan, dan dapat memperkuat perasaan sobat kepada segala hal yang menyangkut dengan bidang Desain. 

Maka dari itu, sebuah Nirmana harus sobat pelajari melalui banyak latihan secara terus-menerus, latihan ini bertujuan untuk, supaya sobat nantinya bisa menghayati seni rupa atau seni desain dengan tepat dan baik. 

Didalam sebuah Nirmana, sobat akan mempelajari semua yang berkaitan dengan seni rupa dan desain dengan tahapan-tahapan yang mendasar.




Demikianlah Artikel Prinsip Seni Grafis Dalam Desain dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Prinsip Seni Grafis Dalam Desain, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Prinsip Seni Grafis Dalam Desain dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/prinsip-seni-grafis-dalam-desain.html

0 Response to "Prinsip Seni Grafis Dalam Desain"

Posting Komentar