Cari Materi

Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya

Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya
link : Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya

Baca juga


Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya

Produk-produk Multimedia Beserta Penjelasannya (Lengkap)

1. Pengertian Multimedia

Kata Multimedia Berasal dari bahasa latin, Yaitu “Multi” yang berarti Banyak dan “Medium” yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu.

Multimedia merupakan Pemakaian computer yang digunakan untuk menyajikan dan menghubungkan Teka, Suara,Gambar, Animasi dan Vidio melalui alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan sebuah komunikasi dan interaksi. Seringkali sebuah Multimedia itu dipakai dalam sebuah hiburan, contohnya dalam sebuah permainan computer atau yang sering kita sebut sbagai Game.

2. Kategori Multimedia


Secara umum Sebuah Multimdia itu dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.

  • Multimedia Content Production 


Multimedia Content Production merupakan pemakaian atau penggunaan sebuah media, yang berbeda ketika menyampaikan informasi atau menciptakan produk multimedia.

Media yang dimaksud disini adalah seperti Teks, Audio, Gambar, Animasi dan video sedang kan hasil dari produk multimedia adalah Vidio, Audio, Musik, film, Game dan lain-lain.

  • Multimedia Comunication


Merupakan Pemakaian Media, Seperti Radio, Media Cetak, Televisi dan Televisi guna untuk mengkomunikasikan material seperti Periklanan, Entertainmen, Berita, Pendidikan dan lain-lain 

3. Jenis jenis  Konten Multimedia

Tokoh Dunia yaitu Green dan Brown menyatakan bahwa Sebuah Multimedia Interaktif berfungsi utnuk menggabungkan atau menghubungkan Semua Media yang berupa:

a. Teks 

Teks merupakan symbol yang berupa Medium Visual yang dipakai untuk menerangkan sebuah bahasa yang berbentuk Lisan. Teks juga mempunyai banyak janisnya diantaranya yang berupa Bentuk , Ukuran dan Warna. Ukuran dari suatu teks mempunyai bentuk yang berupa satuan, yaitu: Length dan Size.

Length digunakan untuk menyatakan banyaknya teks yang dipakai oleh sebuah kata atau halaman. Sedangkan Size digunakan untuk menyatakan sebuah ukuran, besar dan kecil yang dipakai oleh suatu huruf.

b. Grafik

Grafik merupakan suatu medium yang berbasis Visual atau terlihat. Semua gambar yang berbentuk 2 dimensi adalah merupakan Grafik. Jika gambar dirender kedalam bentuk 3 dimensi, maka gambar tersebut akan tetap di tampilkan kedalam bentuk 2 dimensi. Semua ini merupakan gambar yang disajkan melalui kertas, maupun layar monitor. Sebuah Grafik dapat menyajikan sebuah kenyataan (foto) atau hanya berbentuk Iconic (kartun/stiker).

Sebuah Grafik terdiri dari gambar bergerak (animasi, Vidio, dan film)  dan gambar diam (Foto, gambar, lukisan dan poster). Sebuah gambar diam biasanya dapat diketahui ukurannya berdasarkan size dan resolusi sedangkan sebuah gambar bergerak, selain dapat diukur berdasarkan Size dan Resolusi, dia juga dapat diketahui ukurannya melalui Durasi.

c. Audio

Merupakan sebuah Medium yang berbasis suara, bisa juga diartikan sebagai rancangan yang berada dibalik suatu Program Multimedia. Audio adalah suara yang dapat didengar melalui indera pendengaran.

d. Interaktivitas

Interaktivitas merupakan sebuah rancangan yang ada dibalik suatu program multimedia. Media ini memperbolehkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur yang ada di suatu program multimedia sehingga program tersebut bis lebih berguna dan bisa lebih dapt memberikan kepuasan untuk pemakai atau pengguna. 

Interaktivitas terbagi menjadi 2 mcam struktur, yaitu struktur linear dan struktur non linear.
  • Struktur linear, struktur ini hanya memberikan satu pilihan saja untuk pemakai atau pengguna.
  • Struktur non linear, beda dengan struktur linear struktur ini meyediakan banyak pilihan kepada pemakai atau pengguna.

Tokoh dunia yaitu Green dan Brown menyatakan, “ada beberapa metode yang dipakai ketika menyajikan multimedia, yaitu:
  • Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
  • Berbasis cahaya (Light-based), misal: slide shows, transparasi.
  • Berbasis suara (Audio-based), misal: CD Players,  tape recorder, radio.
  • Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), misal: televisi, film.
  • Berbasiskan digital (Digitally-based), misal: komputer.



Berikut beberapa jenis-jenis dari multimedia:

1. Multimedia Interaktif

Pemakai atau pengguna bisa memberikan arahan secara penuh tentang apa, bagaimana dan kapan bagian multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll.

2. Multimedia Hiperaktif

Pada jenis ini, multimedia memiliki bagan dengan elemen-elemen yang bisa diarahkan oleh pamakai melalui tautan dengan elemen-elemen multimedia yang ada. Multimedia Hiperaktif juga disebut dengan istilah Richmedia. Msal: WWW, Web Site, Game Online, Mobile Banking dan lain-lain.

3. Multimedia Linear / Squential

Multimedia jenis ini merupakan multimedia yang berjalan lurus. Multimedia Liniear dapat ditonton kedalam semua jenisfilm, tutorial video dll. Multimedia interaktif merupakan interaksi antara media dengan pemakai meia itu sendiri yang dalam pengerjaannya dibantu oleh computer, mouse, keyboard dan perangkat lainya. Multimedia pada jenis ini berlangsung dengan tapa control navigasi dari pemakai. Multimedia Linear harus disajikan dengan berurutan. Misal film, e-book, music dan siaran tv.

4. Multimedia presentasi pembelajaran

Merupakan sebuah alat bantu seorang guru ketika dalam proses pembelajaran dan dalam peranannya tidak menggantikan seorang guru tersebut secara keseluruhan. Missal: Pemakaian Software Microsoft Power Point.

5. Multimedia pembelajaran mandiri.

Merupakan aplikasi yang dipakai untuk belajar yang bisa digunakan untuk siswa secara mandiri dengan tanpa bantuan seorang guru. Multimedia pembelajaran mandiri ini bisa memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge, didalamnya mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6. Multimedia Kits

Pada jenis ini, ia memiliki pengertian sebagai suatu bahan pembelajaran yang menggunakan lebih dari satu jenis suatu media. Hal-hal yang mencangkupnya diantaranya: CD-ROM,SLIDE,KASET AUDIO,GAMBAR DIAM,STUDY CETAK,TRANSPARASI OVERHEA

Tujuan dari dibentuknya multimedia kits adalah guna untuk presentasi. Sedangkan kelebihannya adalah dapat membuat minat sesseorang bangkit, multimedia kits dipakai untuk sebuah mekanisme yang sempurna guna untuk membuat kerja sebuah kelompok yang ada diproyek-proyek kecil, multimedia kits juga memiliki keunggulan yaitu bisa dibawa dan pakai diluar kelas. 

7. Hypermedia

Sebuah file yang berbentuk dokumen berurut non itu sob terdiri dari sebuah tulisan, suara, pengetahuan yang terlihat, yang kemudian disimpan kedalam PC. Sebgai contoh pembelajaran memakai link yang terdapat pada sebuah web.

8. MEDIA INTERAKTIF

Pada jenis ini sob yang namanya system media interatif adalah merupakan sebuah pengiriman pembelajaran yang direkam menggunakan media visual, audio, serta video yang kemuadian disajikan dibawah kendali PC yang berfungsi untuk dipakai dalam sebuah tinjauan yang tidak hanya mendengar dan melihat image atau gambar dan audio atau suara yang dapat membuat sebuah respon Aktif. 

Kelebihan dari media interaktif ini sendiri adalah media seperti tulisan (teks), suara (audio), gambar (grafik) yang terdiri dari gambar bergerak dan gambar diam bisa dihubungkan atau dikombinasikan kedalam sebuah satu system yang mudah dipakai atau digunakan.

9. VIRTUAL REALITAS

Keunggulan atau kelebihan dari Virtual Realitaas adalah guna untuk dipakai dalam menggambar beberapa atau berbagai jenis aplikasi yang secra umum terhubung dengan mendalam, sangat terlihat, tiga dimensi lingkunga.

Pengertian dari jenis multimedia ini adalah sebuah media yang bisa divisualisasikan tempatnya kedalam sebuah dumay (dunia maya)

“kesimpulan yang dapat admin ambil dari penjelasan materi diatas adalah bahwasanya:
  • Kata Multimedia Berasal dari bahasa latin, Yaitu Multi yang berarti Banyak dan Medium yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Sedangkan pengertian Multimedia merupakan Pemakaian computer yang digunakan untuk menyajikan dan menghubungkan Teka, Suara,Gambar, Animasi dan Vidio melalui alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan sebuah komunikasi dan interaksi. 
  • Secara umum Sebuah Multimedia itu dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication. 
  • Jenis-jenis dari Konten Multimedia adalah : Multimedia Interaktif, Multimedia Hiperaktif, Multimedia Linear / Squential, Multimedia presentasi pembelajaran, Multimedia pembelajaran mandiri, Multimedia kits, Hypermedia, Media Interaktif, Virtual Realitas. ”


Demikianlah Artikel Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/produk-produk-multimedia-dan.html

0 Response to "Produk-produk Multimedia dan Penjelasannya"

Posting Komentar