Cari Materi

Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek

Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek
link : Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek

Baca juga


Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek

Dasar Pembuatan Film

Beberapa Dasar dan Tahapan Dalam Proses Pembuatan Film Pendek
Langkah-langkah pembuatan film diantaranya adalah sebagai berikut :

Temukan Ide Cerita atau membuat ide cerita


Ya sob, anda harus menentukan ide cerita tersebut. Jika anda kesulitan menemukan ide atau tidak mempunysi ide, sebagus apapun peralatan kalian tidak akan berguna, walaupun peralatan anda sangat mahal seperti kamera mahal, tu tidak akan berguna ya sob, karena tanpa id cerita film tidak akan bisa di buat.

Sebab itulah dalam memproduksi sebuah film kita harus mengikuti langkah-langkah yang sudah ada seperti menemukan ide cerita nya dulu. Dan anda harus mengusahakan bahwa ide cerita tersebut harus crita yang baru dan yang unik. Dan anda harus ingat, jika anda membuat ide cerita haruslah cerita tersebut belum pernah ada.

Riset


Langkah selanjutnya ya sob, yaitu riset. Riset ini tidak kalah pentinh dengan tahapan atau langkah-langkah yang ada di dalam materi ini. Reputasi yang anda miliki dalam bidang perfilm man yaitu tidak luuput dari bagian riset ini ya  sob !!!

Apalagi seperti film brsejarah, dengan merist film tesebut maka anda akan mendapatka reputasi atau popularitas yang sangat tinggi. Rist ini bisa anda lakukan riset ini dengan cara membaca bubu-buku referensi atau literatur dari cerita yang sedang anda buat dan mendukung film tersebut. Atau anda bisa brwawancara kepada toko Atau ahli dalam cerita tersebut dengan tema film yang sedang anda garap atau kerjakan.

Casting


Langkah berikutnya adalah casting. Casting ini dilakukan untuk mencari pemain film dengan karakter  yang  ada dalam ide cerita. Ini terkait dengan rekruitment tokoh atau sember dari cerita. Baik tokoh utama maupun tokoh tambahan seperti figuran.

Selanjutnya, kita juga harus mencencari pemeran penggenti kketika dalam adegan terjadi adegan ekstrim yang sedang berlangsung,  seperti perkelahian, terjun dari atas rumah, atau adgan ekstrim yang lainnya.
Maka dari itu untuk diperlukannya pemeran pengganti yang harus digunakan untuk menggantikan pemeran utama. Dalam proses inilah semua itu harus di siapkan dengan matang.

Shooting


Tahapan selanjutnya adalah shooting. Shooting ini adalah waktu pngambilan gambar dengan mnggunakan kamera dan pralatan tambahan yang sudah di siapka seblumnya.

Sutradara adalah seseorang yng menjadi ujung tombak dari semua proses ini dalam mengarahkan krunya terutama kameramen untuk melakukan kerja yang telah di tugaskan.  Dalam shooting ini memang kameramen adalah orang yang brperan pnting dalam hasil pengambilan gambarnya, dan pastinya kameramen yang telah di tugaskan oleh sutradara yaitu kameramen yang  pastinya punya cukup kemampuan di lapangan dalam pengambilan gambar.

Tapi, sutradara tidak kalah pentingnya dengan kameramen. Karna sutradara yaitu orang yang brtugas dalam menentukan sudut pengambilan gambar yang harus dilakukan oleh kameramen. Dan sutraradaralah orang yang mengarahkan pemain dengan alur cerita yang ada dan tidak menyimpang dari alur  atau skenario yang telah di susun sdemikian rupa.

Editing


Tahapan Editing adalah tahapan akhir dalam proses memproduksi film. Sebuah film ini di lakukannya editing  oleh sebuah tim kerja . Editng ini merupakan tahap yang sangat membutuhkan ketlitian mata dan telinga, karena proses mengedit ini harus menggabungkan hasil dari kamera dan membuang atau memotong hasil dari kamera yang salah. Menambah efek-efek dalam adegan yang sudah di rekam. 

Nah sob, setelah kita slsai melakukan proses editing  saatnya film tersebut di edarkan ei publik seperti  youtube,  instagram dan lainnya.


Secara umum film di buat dengan cara yang sama dan mudah ketika kita mengikuti cara dan tahapan-tahapan dalam proses pembuatan film.  Mungkin yang anda pusingkan adalah anda belum tahu tahapannya ya sob!!!  

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang bisa anda ikuti dalam pembuatan film, sebagai berikut :


1. Buatlah Ide ( jalan cerita )

Ya sob. Jika anda ingin membuat sebuah film, terutama anda harus menentukan idenya terlebih dahulu. Ketika mencari ide, ide itu harus memiliki hal yang menarik dan tidan penasaran.  Karena orang-orang ingin menonton film yang menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Dalam ide ini, tema juga sangat diperlukan, karena tema itu mendasari dari film itu sendiri.

2. Buatlah sasaran ide kita

Langkah selanjutnya, setelah anda mendapatkan idenya dan kita harus menentukan film ini dibuat untuk di tujukan kepada pelajar, mahasiswa, anak-anak, ataupun keluarga. Porsi ini mudah di tayangkan ke layar kaca atau pun media sosial lainnya. Karena sangat banyak disukai.
Bila semuanya sudah tepat untuk di tulis dalam bentuk naskah, maka kita akan lebih mudah untuk memahami naskah tersebut.

3. Sinopsis film

Sebuah film yang akan kita buat pasti film tersebut tidak akan bagus tanpa sinopsis. Bahkan, seperti cerita yang menggambarkan kehidupan sehari-hari seprti film dokumenter juga sangat memerlukan sinopsis.  Maka dari itu kalian jiga ingin membuat film, terlebih dahulu harus menentukan sinopsisnya. Sinopsis tidaklah perlu panjang-panjang, karena sinopsis yang kita butuhkan adalah ringkas, padat, jelas, langsung menuju sasaran, dan konflik yang jelas.

4. Naskah Skenario

Jika anda sudah selesai membuat sinopsis, maka kalian juga harus membuat skenario sob. Anda bisa membuat skenario sendiri atau anda bisa di buatkan oleh orang lain. Setelah semuannya selesai, mari saatnya kita membuat film.

5. Mulai Membuat Film

Terlebih dahulu yang harus kita lakukan adalah menentukan storyboar dari film yang akan kita buat, kita harus menentuka tempat / lokasi yang mendukung  dan sesuai dengan cerita.

6. Siapkan Alat-alat Teknis

Yang harus kita lakukan selanjutnya adalah kita harus menyiapkan kru yang bertugas, peralatan-peralatan yang akan di gunakan, setting, properti, dann wardrop.

7. Tentukan Budget

Setelah semua persiapan yang di perlukan sudah selesai, maka kita harus membuat budget dari pengeluaran kita selama melakukan shooting ini. Akan tetapi, semua ini seharusnya lebih baik di siapkan sejak awalnya.

8. Syuting dan Editing

Proses selanjutnya kita harus meminta izin. Setelah semuanya beres,  anda biisa melakukan aktivitas shooting di lapangan. Dan anda semuan sudah selesai, maka adegan yang ada dalam kamera harus segera di edit sesuai urutan scane yang ada di skenario.

9. Review dan Revisi

Dalam proses review ini anda haruslah sangat teliti. Anda harus selalu melihat ulang yang sudah anda buat, jika ada kesalahan dalam pengambilan gambar, maka anda bisa membuang adegan tersebut. Dan jika ada kesalahan dalam pengeditan, maka anda bisa memotong adegan tersebut atau bahkan bisa menggantinya dengan adegan baru.

10. Buat Promosi

Jika anda ingin di ketahui oleh banyak orang, maka anda harus melakukan promosi di sosial media, bisa di youtube, instagram, twitter, facebook, poster dan lain sebagainya.

11. Masukkan dalam DVD

Selanjutnya sob. Setelah anda melalui proses terakhir / editing, anda harus memasukan film anda ke DVD atau VCD supaya dapat di tonton oleh banyak orang dan setelah itu anda juga harus mengatur promosi untuk film anda ini.

Jadi inilah langkah-langkah daar pembuatan film, yang bisa di sebut mudah atau sulit. Tentu saja alam pembuatan fiilm ini tidak hanya memerlukan teori, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Kesimpulan
“sebuah teori tidak dapat di gunakan jika sesuatu hal itu hanya bisa di lakukan dengan penjelasan saja. Seperti dalam pembuatan skenario, yang sangat menguras fikiran kita untuk berfikir”

Semoga materi yyang saya sampaikan bisa menambah pengalaman anda dalam dunia perfilman. Untuk lman selanjutnya anda bisa mengunjungi laman web yang sudah di sediaka oleh laman web lainnya. sekian yang bisa saya sampaikan, terima kasih ya sob.


Demikianlah Artikel Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/03/tahapan-membuat-fil-pendek.html

0 Response to "Dasar dan Tahapan Pembuatan Film Pendek"

Posting Komentar