Cari Materi

Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global

Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Strategi pembelajaran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global
link : Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global

Baca juga


Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global

Zaman ini disebut sebagai zaman global, dimana sekat geografis antar negara sudah semakin tidak menjadi hambatan. Selain memiliki banyak keuntungan, globalisasi juga menuntut kita dan generasi mendatang untuk menyiapkan diri agar bisa bersaing dalam bidang ilmu pengetahuan, ekonomi ataupun teknologi. Jika anda hidup di kota besar maka nuansa persaingan itu sangat terasa. Mereka yang tidak memiliki kompetensi akhirnya akan kalah saing dan banyak mengalami kesulitan dalam hidupnya.

Terkait dengan kehidupan yang semakin menuntut persaingan, yang menjadi pertanyaan bagi para guru adalah masih layakkah pendekatan pembelajaran kooperatif digunakan. Dalam pembelajaran kooperatif anak-anak diajarkan untuk saling bekerja sama dan saling bergantung satu dengan yang lain. Bukankah hal tersebut akan membuat mereka kelak tidak sanggup bersaing?

Salah satu jawaban untuk pertanyaan krusial ini diberikan oleh Kagan dan Kagan (2009) yang merupakan ahli pembelajaran kooperatif. Keduanya menjawab bahwa di dunia yang semakin penuh persaingan ini justru kerja sama tim sangat dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan. Persaingan terjadi tidak secara individual tetapi dalam kerja tim dan organisasi yang besar. Jika kita tidak memiliki kemampuan kerja tim yang baik maka biasanya kita akan sulit bersaing di dunia global.

Kita hdup di dunia yang semakin tergantung satu dengan yang lain. Kagan dan Kagan (2009) memberi contoh komputer sebagai produk teknologi yang paling berkembang di zaman ini. Jika kita analisis sebuah komputer yang siap pakai, maka berbagai komponen komputer tersebut tidak mungkin dibuat oleh satu perusahaan saja. Berbagai pihak turut andil dalam mewujudkan satu komputer yang kita pakai sehari-hari. Benda-benda atau produk teknologi yang lain juga demikian.

Lihat saja bagaimana rumah dibangun. Semen, kayu, keramik, pasir, batu, cat, genting dan lain sebagainya adalah bahan-bahan yang dibuat atau disediakan oleh pihak-pihak yang berbeda. Itulah contoh bahwa kita tetap saling bergantung satu dengan yang lain di dunia yang semakin penuh persaingan ini. Melatih anak-anak untuk memiliki peran dalam suatu tim akan membuat mereka memiliki keterampilan sosial terutama untuk mencari peran-peran yang dibutuhkan masyarakat kelak ketika dewasa.

Dalam Pembelajaran Kooperatif Diajarkan Kerjasama 


Buku Rujukan:
Kagan, Spencer. Kagan, Miguel. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.


Demikianlah Artikel Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/04/cara-pembelajaran-kooperatif-dalam.html

0 Response to "Cara Pembelajaran Kooperatif dalam Persaingan Global"

Posting Komentar