Cari Materi

Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Teks Laporan Hasil Observasi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Bahasa Indonesia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Teks Laporan Hasil Observasi
link : Teks Laporan Hasil Observasi

Baca juga


Teks Laporan Hasil Observasi


sifat dan syarat membuat teks laporan hasil observasi

Sifat Teks Laporan Hasil Observasi
Teks hasil observasil memiliki 3 sifat, diantaranya adalah bersifat iformatif, komunikatif, dan juga objektif. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat sebagai berikut.

  1. Bersifat Informatif, artinya memberikan informasi yang berguna mengenai objek yang diamati kepada pembaca.
  2. Bersifat Komunikatif, artinya teks tersebut menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut, tujuannya adalah agar isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.
  3. Bersifat Objektif, berarti teks laporan tersebut harus faktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi.
Syarat Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi memiliki syarat dan kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah teks dapat dikatakan menjadi sebuah teks observasi. Berikut adalah beberapa kriteria dan syarat teks laporan observasi.
  1. Tersusun atas 3 struktur teks laporan hasil observasi..
  2. Tidak mengandung penutup teks.
  3. Teks merupakan sebuah fakta dan tidak mengandung opini ataupun pendapat penulis.
  4. Teks menjelaskan sebuah informasi yang bersifat objektif dan sesuai fakta.
Langkah Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi
  1. Membuat judul laporan observasi sesuai dengan apa yang diamati.
  2. Membuat kerangka teks dengan menitikberatkan pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.
  3. Menyusun teks berdasarkan struktur teks laporan hasil observasi.
  4. Meneliti kembali hasil penulisan teks, segera perbaiki teks jika ada penulisan bahasa yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan KBBI.


Demikianlah Artikel Teks Laporan Hasil Observasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Teks Laporan Hasil Observasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Teks Laporan Hasil Observasi dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/04/teks-laporan-hasil-observasi.html

0 Response to "Teks Laporan Hasil Observasi"

Posting Komentar