Cari Materi

Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)

Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir) - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir) untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel agama, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)
link : Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)

Baca juga


Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)


Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)

Para ulama mempunyai pandangan yang berbeda di dalam memberikan arti qada dan qadar. Ada yang mengartikan sama, ada pula yang mengartikan berbeda. Dari perbedaan pandangan tersebut dapat disimpulkan bahwa menurut bahasa, qada artinya menentukan atau memutuskan, sedangkan kadar artinya memeri kadar, aturan, atau ketetapan. Adapun menurut istilah adalah sebagai berikut.

  1. Qada ialah segala ketentuan atau keputusan Alla Swt. terhadap mahluk-Nya sejak zaman azali.
  2. Qadar ialah perwujudan dari qada yaitu ketetapan Allah Swt. yang telah terjadi. Seperti firman Allah yang artinya:

    "Dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat." (Q.S. Al-Furqan, 25: 2).

Iman kepada qada dan qadar artinya percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menentukan segala sesuatu terhadap mahluk-Nya. Iman kepada qada dan qadar meliputi empat prinsip. Berikut adalah empat (4) prinsip yang diliputi oleh qada dan qadar.
  1. Iman kepada ilmu Allah Swt. yang kadim (tidak berpemulaan).
  2. Iman bahwa semua qada Allah Swt. telah tertulis di Lauhul Mahfudz.
  3. Iman kepada adanya kehendak Allah Swt. yang berlaku, dan kekuasan-Nya bersifat menyeluruh.
  4. Iman bahwa Allah Swt. adalah zat yang mewujudkan mahluk. Allah Swt. adalah Sang Pencipta dan yang lain adalah mahluk.
Qada dan qadar merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan sebab yang satu ibarat rencana, sedangkan yang lainnya merupakan implementasi (perwujudan) dari rencana tersebut. Dalam ungkapan sehari-hari qada dan qadar dikenal dengan istilah takdir.



Demikianlah Artikel Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir) dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir), semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir) dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/05/materi-pengertian-dan-perbedaan-qada.html

0 Response to "Materi : Pengertian dan Perbedaan Qada dan Qadar (Takdir)"

Posting Komentar