Cari Materi

Pengertian Passing Grade

Pengertian Passing Grade - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian Passing Grade untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel universitas, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian Passing Grade
link : Pengertian Passing Grade

Baca juga


Pengertian Passing Grade

Pengertian Passing Grade
Passing grade adalah sebuah nilai batas minimal ataupun batas acuan yang dimiliki suatu prodi perguruan tinggi negeri untuk dapat masuk ke prodi tersebut. Passing grade biasanya dituliskan dalam bentuk persen ataupun juga dalam bentuk ratusan. Bedanya, misalnya jika dalam persen ditulis (56.2%), maka jika ditulis dalam bentuk data akun ditulis (562,00).
pengertian passing grade

Semakin tinggi passing grade suatu prodi, maka tingkat kesulitan untuk dapat masuk prodi tersebut akan semakin tinggi. Sebaliknya juga jika passing grade rendah maka akan semakin mudah juga para calon mahasiswa untuk masuk prodi yang diminatinya tersebut. Biasanya suatu prodi dikatakan sulit ketika nilai passing grade suatu prodi sudah berada diatas 40%, sedangkan untuk ukuran sedang biasanya berada pada kisaran 30%-40% dan untuk ukuran kurang dari 30% maka dapat dikatakan mudah.

Tetapi hal yang perlu kalian ingat disini adalah bahwa data-data passing grade itu bukanlah sebuah data acuan yang pasti (hanya sebuah prediksi) karena tidak dikeluarkan oleh pihak Universitas yang bersangkutan ataupun oleh negara. Passing grade yang biasanya bertebaran di internet merupakan sebuah data hasil hitung manual dari data yang ada pada tahun sebelumnya dari hasil jumlah daya tampung dan juga peminat pada suatu prodi.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi nilai passing grade adalah banyaknya daya tampung yang tersedia dan juga jumlah peminat yang ada pada prodi tersebut. Jika daya tampung sedikit sedangkan peminat ataupun jumlah pendaftarnya banyak maka nilai passing grade dari prodi tersebut akan sangat tinggi karena kemungkinan untuk dapat masuk prodi di Universitas tersebut akan menjadi sangat kecil.

Berbeda jika daya tampung yang tersedia pada suatu prodi cukup banyak dan jumlah peminatnya juga tidak terlalu banyak, maka dapat dipastikan nilai passing grade dari universitas tersebut akan cukup kecil dan kemungkinan kita untuk dapat masuk prodi tersebut akan semakin besar dikarenakan banyaknya daya tampung yang tersedia.


Demikianlah Artikel Pengertian Passing Grade dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian Passing Grade, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Passing Grade dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/05/pengertian-passing-grade.html

0 Response to "Pengertian Passing Grade"

Posting Komentar