Cari Materi

Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci)

Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci) - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci) untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel sejarah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci)
link : Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci)

Baca juga


Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci)

Sebuah peradaban yang maju sering diidentikkan dengan perkembangan teknologi yang mengiringinya. Semakin maju suatu teknologi yang digunakan, artinya peradaban tersebut pun juga semakin canggih. Menariknya, sifat manusia yang dinamis terus mendorong berbagai penemuan -penemuan baru yang semakin canggih saja.
Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci)

Manusia memang diciptakan dengan kelebihan tersendiri, yakni dengan bekal cipta, rasa dan karsa. Dengan bekal ini pulalah, teknologi dalam peradaban manusia dapat semakin maju dan berkembang. Penemuan -penemuan baru yang bermanfaat pun terus ditemukan oleh para manusia.

Mulai dari sekedar penemuan kecil, hingga penemuan besar yang mampu mengubah wajah dunia. Ya! Di antara penemuan-penemuan yang telah berhasil ditemukan oleh para pemikir dunia ini, ada penemuan yang terbilang hebat dan spektakuler, yang mampu mempengaruhi peradaban dunia selanjutnya.

1. Penemuan LISTRIK, Transformasi Energi Era Modern

Siapa yang tak setuju kalau listrik adalah salah satu penemuan paling berpengaruh di dunia. Kehadiran listrik seolah menjadi titik tumpu bagi perkembangan berbagai penemuan lain. Lihat saja berbagai teknologi yang ada saat ini, hampir semuanya membutuhkan listrik. Listrik seolah menjadi simbol paling penting dalam menghidupkan kehidupan manusia era modern.

Listrik secara harfiah diartikan sebagai kondisi partikel sub-atomik tertentu, seperti proton dan elektron, yang memicu terjadinya penarikan dan penolakan gaya di antara sub-atomik tersebut. Dari proses ini, maka listrik menjadi sumber energi yang dapat disalurkan melalui kabel dan memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika lainnya.

Tenaga listrik yang telah berhasil diejawantahkan saat ini sudah dapat dimanfaatkan secara mudah dan luas untuk berbagai aplikasi industri dan elektronik. Keberhasilan dari penemuan listrik ini pula lah yang dapat mendorong suksesnya revolusi industri.

Jika ditanya siapa penemu listrik, maka jawaban umum yang mungkin terlontar adalah Benjamin Franklin. Benjamin Franklin adalah orang pertama yang berhasil mengemukakan teori listrik. Pria kelahiran 1705 ini memang begitu antusias untuk mempelajari listrik dan melakukan berbagai penelitian mengenai listrik. Hingga di tahun 1752, ia pun dapat memahami prinsip aliran listrik melalui percobaan yang menggunakan besi dan layang -layang.

Meski Benjamin Franklin adalah tokoh penting yang dianggap sebagai penemu listrik modern, tapi prinsip aliran listrik ini sebetulnya telah diketahui sejak berabad-abad silam. Listrik tidak ditemukan di era kejayaan Eropa. Bangsa Eropa hanya bertindak untuk mempopulerkan penemuan listrik ini.

Banyak ahli yang meyakini bahwa bangsa Mesir Kuno adalah penemu listrik yang sesungguhnya. Hal ini dilihat dari penemumuan beberapa pot kedap air yang diisi dengan silinder tembaga, dan dilem dalam lubang dengan aspal. Penemuan yang ada di wilayah Irak ini menunjukkan bahwa pot ini meruakan elemen galvalik, atau baterai yang primitif dan merupakan elemen awal dari listrik.

Selain itu, catatan Yunani kuno juga mengungkapkan bahwa listrik diciptakan oleh cendekiawan Yunani yang bernama Thales. Thales menguraikan mengenai fenomena listrik yang terjadi pada batu ambar yang digosok -gosokan dan dapat menarik bulu.

Selain tokoh -tokoh tersebut, jika mengenal sejarah listrik, kita juga tak boleh melupakan Michael Faraday. Imuwan kelahiran 22 September 1791 asal Inggris ini dijuluki sebagai Bapak listrik karena kesuksesannya dalam menjadikan listrik sebagai teknologi modern yang memiliki banyak manfaat. Barangkali, penemuan dari Michael Faraday ini memang adalah momentum paling berpengaruh dalam sejarah penemuan listrik.

2. Penemuan KOMPUTER, Revolusi Jendela Dunia

Komputer bisa disebut sebagai alat paling modern yang pernah diciptakan oleh manusia. Bagaimana tidak, dari penemuan komputer inilah, penemuan -penemuan canggih lainnya seperti leptop dan tablet muncul. Sejarah penemuan komputer bisa disebut sebagai sebuah revolusi terbesar dalam mengantarkan manusia untuk mampu melintasi jarak dan waktu.

Komputer laksana jendela dunia yang dapat dengan mudah dan cepat menghubungkan orang -orang dari berbagai belahan dunia, dalam satu waktu yang amat singkat. Nama komputer berasal dari bahasa latin computare yang artinya menghitung, atau dari kata bahasa Inggris to compute yang artinya berhitung.

Komputer memang bukan sekedar alat berhitung. Alat canggih ini menakup alat hitung yang dibuat dengan konstruksi elektronika dengan kemampuan menyimpan dan bekerja dengan bantuan sistem operasi menurut program -program yang diberikan pada komputer tersebut. Tiga unsur penting dari komputer adalah input (data), pengolahan data, output (informasi).

Momentum paling awal dari lahirnya komputer modern ini bermula pada abad XIX. Vannevar Bush, di tahun 1931 berhasil membuat kalkulator yang berguna untuk memecahkan persamaan diferensial kompleks pada beberapa cabang ilmu matematika. Mesin yang kemudian diproduksi masal oleh MIT ini kemudian dikembangkan oleh para peneliti lain.

Apalagi, dengan munculnya Perang Dunia II, mesin ini pun semakin dikembangkan dengan tujuan mengeksploitasi potensi paling strategis dari komputer. Kemudian, pihak Amerika yang diwakili oleh Howard H Aiken, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Alat ini pun kemudian masih terus mengalami perkembangan.

Sampai di tahun 1945, Von Neumann sukses mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer. Komputer kali ini sudah memiliki memori yang memungkinnya menampung data dan juga program. Lalu di tahun 1951, komputer komersial pertama pun mulai dibuat oleh Remington Rend.

3. Penemuan  INTERNET, Koneksi Global yang Menyeluruh

Komputer dan internet memang selalu bekerja beriringan. Begitu pula dengan sejarah penemuan keduanya. Dan kedua bentuk penemuan ini pun dapat dikatakan sebagai penemuan paling fenomenal yang sangat mempengaruhi aktivitas dunia modern saat ini. Barangkali, internet ini pula yang memunculkan karakter manusia modern yang serba instan.

Bagaimana tidak, dengan internet, kita bisa melawan keterbatasan manusia dalam hal dan waktu. Dua orang yang berada di dua belahan dunia yang sangat jauh pun bisa saling terhubung dan bertatap muka pada satu waktu yang sama. Sungguh hebat.

Penemuan internet ini tak lepas dari sambuta positif dunia terhadap penemuan komputer. Sekitar tahun 1960-an, saat komputer mulai berjaya, internet pun mulai dikembangkan. Awalnya, beberapa komputer dihubungkan jadi satu jaringan dengan menggunakan kabel. Dengan adanya jaringan komputer ini, maka orang -orang pun bisa bertukar informasi dari komputer -komputer mereka dengan lebih mudah.

Tahun Agustus 1962, J.C.R Licklider, kepala program riset komputer dari agensi Amerika Serikat mulai menggagas pembentukan konsep galactic network. Tujuannya adalah membangun jaringan yang mampu memberikan koneksi secara global dan dapat diakses oleh semua orang dengan sangat cepat.

Ide jaringan komputer yang awalnya ditujukan untuk kepentingan militer ini pun berhasil. Hasilnya adalah sebuah koneksi dunia maya yang begitu hebat, canggih dan bermanfaat bagi hampir seluruh orang yang ada di dunia ini.

4. Penemuan KUNCI, Pengaman Terbaik Sepanjang Masa

Penemuan paling berpengaruh di dunia memang tak harus melulu soal teknologi informasi dan komunikasi bukan? Walau tolok ukur kecanggihan peradaban sering dinilai dari seberapa maju teknologi yang dimiliki, tapi hal ini bukan patokan mutlak. Sebetulnya, banyak juga indikator lain yang bisa digunakan untuk mengatur sejauh mana suatu penemuan itu dapat bermanfaat bagi semakin banyak orang.

Ya, seperti halnya pada penemuan kunci sederhana yang nyatanya mampu merubah wajah dunia, terutama daam bidang keamanan. Mulai saat ditemukan sampai sekarang, kunci menjadi suatu simbol pengaman yang begitu ampuh dan juga semakin canggih saja. Yang menarik, kebermanfaatannya begitu besar karena digunakan oleh banyak sekali orang, di hampir seluruh penjuru dunia.

Penemuan kunci yang paling awal telah bermula pada 4.000 tahun yang lalu oleh bangsa China. Walau begitu, bangsa Mesir Kuno dikatakan juga telah memiliki struktur kunci yang cukup rumit. Kunci jaman dulu berbentuk cukup besar dengan gerendel besar pula yang di dalamnya dapat dimasukkan ke dalam lubang yang sesuai.

Untuk kunci ini, penemuan kunci yang dianggap paling populer adalah penemuan kunci Yale. Kunci Yale memiliki silinder sempit yang dapat berputar di dalam silinder besar, dan kemudian melekat kuat. Saat anak kunci dimasukkan ke dalam bagian lubang kunci, maka takik -takik anak kunci akan mendoorng seperangkat pin dalam lubang tersebut hingga seluruhnya berada pada ketinggian yang sama.

Kunci yang ditemukan oleh seorang penemu bernama Linus Yale Jr ini juga dikenal sebagai kunci silinder. Kunci Yale ini ditemukan pada tahun 1860-an. Yang menarik dari kunci Yale ini terletak pada teknik kunciannya yang begitu istimewa dan lebih kacil dibanding kunci lain. Hal ini pula yang membuat kunci Yale ini begitu populer di seluruh dunia dan juga sangat banyak digunakan.



Demikianlah Artikel Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci) dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci), semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci) dengan alamat link http://www.materiajar.web.id/2017/05/sejarah-penemuan-paling-berpengaruh-di.html

0 Response to "Sejarah Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia (Listrik, Komputer, Internet, dan Kunci)"

Posting Komentar